Ayo Daftar, Sijorikepri akan Gelar UKW

Ilustrasi UKW, ( Foto : Kabarjakarta.com)

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Untuk meningkat profesionalisme insan pers yang ada di wilayah Provinsi Kepri, dalam waktu dekat, Sijorikepri bekerjasama Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS), menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Pimpinan Umum Sijorikepri, Rusmadi SPd, mengatakan kegiatan dibarengi Lokakarya Jurnalistik ini akan diselenggarakan di Hotel Bintan Beach Resort, Tanjungpinang, Kamis hingga Sabtu, 20-22 Desember 2018.

Read More

Jenjang UKW yang diuji katanya tingkat Utama, Madya dan Muda. ”Diharapkan, UKW ini menghasilkan insan pers yang handal, profesional dan bertanggungjawab dengan hasil karyanya,”ujar Rusmadi.

Bagi wartawan yang ikut, diminta segera mendaftarkan diri ke Kantor Sijori Kepri, Komplek pertokoan Bintan Center, Batu 9, Tanjungpinang. Atau menghubungi Patar H Sianipar, Sekretaris Panitia UKW, di nomor ponsel 085363375777 dan 085268988888.

”Pendaftaran hanya hingga tanggal 13 Desember 2018. Koata peserta terbatas dan diharapkan teman-teman yang berminat segera menghubungi panitia,”pinta Rusmadi.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) melalui Sekretaris SMSI Kepri, Zakmi Kamsir, mengatakan pihaknya menyambut positip kegiatan ini. UKW katanya sebagai tolak ukur wartawan yang mengacu standar yang diamanatkan Dewan Pers.

”Wartawan yang dinyatakan lulus, tentu dianggap telah kompeten. Kita menganjurkan mereka bergabung dengan organisasi kewartawanan yang telah menjadi konstituen Dewan Pers,”kata pria yang juga menjabat Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungpinang-Bintan tersebut.

UKW ini, tambahnya untuk meningkatakan kualitas dan profesionallitas wartawan, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, dan menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik.

Selain itu, UKW bertujuan menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, menghindari penyalahgunaan profesi wartawan dan menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

(Budi Arifin)

Loading...

Related posts