Kantor Pelabuhan (Kanpel) Kelas I Batam, menggelar acara kampanye keselamatan pelayaran yang dilaksanakan pada Rabu (5/12) di Pelabuhan Batu Ampar Bintang 99 Batam. Kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan pelayaran.( Foto: Foto: Humas Ditjen Hubla)

Metrobatam.com, Batam – Kantor Pelabuhan Kelas I Batam, Rabu (5/12/2018) menggelar Kampanye Keselamatan Pelayaran dengan mengambil tema “Keselamatan Pelayaran Menjadi Tanggung Jawab Kita Bersama”.

Kampanye diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan pelayaran. Selain itu juga untuk mewujudkan Pelabuhan Batam yang selamat dan aman bagi seluruh kapal dan penumpang terutama menjelang masa Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Kampanye keselamatan pelayaran dilaksanakan di Pelabuhan Batu Ampar Bintang 99 Batam, disaksikan Gubernur Kepulauan Riau dan diikuti oleh peserta dari unsur instansi Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah Kota Batam, BP Batam, TNI/Polri, pemilik dan operator kapal penumpang, Pemilik dan operator Pelabuhan Umum dan Terminal Khusus (TERSUS) galangan kapal, dan asosiasi terkait serta Lembaga Pendidikan Kemaritiman dan stakeholders terkait di kota Batam,”kata Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Batam, Capt. Barlet.

Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Batam, Capt. Barlet menerangkan “dalam hal Kampanye Keselamatan Pelayaran bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh pihak pemangku kepentingan (stakeholder) dunia pelayaran di Pelabuhan Batam bahwa keselamatan pelayaran merupakan kebutuhan dan tanggung jawab bersama.

“Kampanye Keselamatan Pelayaran kali ini diselenggarakan dengan melakukan pemeriksaan keselamatan dan kelaikan kapal secara rutin, ramp check bagi kapal penumpang, pengujian pengembangan liferaft, sosialisasi pemakaian life jacket pada kapal penumpang serta penetapan alur pelayaran di Pelabuhan Batam dan upaya-upaya lain yang dilakukan oleh stakeholders dan masyarakat maritim di Batam,”ujar Capt Barlet.

Menurut Capt Barlet, Pelabuhan Batam merupakan salah satu pelabuhan yang vital bagi perekonomian Propinsi Kepulauan Riau, khususnya dan Indonesia secara luas

Lokasi yang strategis “head to head” dengan Pelabuhan Singapura dan berada di jalur Pelayaran Internasional Selat Singapura, menjadikan Pelabuhan Batam sebagai pelabuhan yang sangat sibuk melayani kunjungan kapal baik kapal berbendera Indonesia maupun asing,”ungkap Capt Barlet.

“Untuk menjawab kondisi tersebut, perlu kerja keras seluruh stakeholders dan masyarakat maritim untuk terus meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran di wilayah Pelabuhan Batam sehingga berdampak positif bagi kinerja Pelabuhan Batam yang profesional, berdaya saing tinggi dan berstandar internasional serta menjadi pilihan bagi kapal-kapal domestik maupun internasional untuk berkunjung,” tutur Capt. Barlet.

“Kami berharap keselamatan dan keamanan pelayaran menjadi budaya bagi masyarakat kita yang hidup di Negara maritim,”pungkasnya.

 

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE