Klopp Yakin Mourinho Tak Lama Jadi Pengangguran

Metrobatam, Jakarta – Manajer Liverpool Juergen Klopp yakin Jose Mourinho tak butuh lama untuk mendapatkan pekerjaan baru setelah dipecat Manchester United bila ia ingin melakukan hal tersebut.

Mourinho dipecat dua hari setelah Manchester United tumbang di markas Liverpool. Posisi ‘Setan Merah’ yang hanya ada di urutan keenam klasemen Liga Inggris jadi alasan kuat di balik pemecatan tersebut.

Klopp yakin, manajer dengan level hebat seperti Mourinho akan dengan mudah menemukan klub baru. Namun dengan kualitas dan level yang dimiliki, Mourinho diyakini Klopp bakal terpukul dengan pemecatan tersebut.

“Jika manajer yang dipecat adalah mereka yang ada di divisi Championship dan League One atau League Two, maka itu adalah momen buruk karena mereka tidak akan tahu apakah mereka akan kembali mendapat pekerjaan macam itu.”

Bacaan Lainnya

“Bila Jose ingin mendapatkan pekerjaan baru, maka ia bisa melakukannya dalam dua hari. Hal itu sangat mudah baginya. Tetapi kita membicarakan level tinggi. Saya tak tahu seberapa ambisius dirinya, namun saya yakin dia tak akan dengan mudah menghadapi pemecatan ini,” kata Klopp seperti dikutip dari Independent.

Klopp menyadari situasi yang dialami Mourinho adalah situasi yang harus siap dihadapi oleh seluruh manajer di dunia sepak bola.

“Mourinho ingin meraih sukses di United dan dia sudah melakukannya, namun kemudian dia tidak bekerja dengan baik seperti yang diinginkan oleh orang-orang.”

“Beginilah kondisi pekerjaan manajer. Hal yang sama juga bisa saya alami. Bila klub berpikir ada orang lain yang bisa melakukan lebih baik, maka mereka harus melakukan pergantian,” tutur Klopp.

Jose Mourinho sudah dikaitkan dengan rumor pemecatan sejak beberapa bulan terakhir.Jose

“Saya bisa membayangkan dalam beberapa bulan terakhir, segala hal tidak terasa membahagiakan, terutama untuknya. Tentu tidak menyenangkan harus menghadapi pertanyaan yang sama [tentang pemecatan] setiap hari,” ujar Klopp.

Bukan Kabar Bagus

Sementara Unai Emery terkejut dengan pemecatan Jose Mourinho. Menimbang pengalaman Mourinho, Emery melihat keputusan ini menunjukkan tak ada pelatih yang aman.

Mourinho dicopot Manchester United dari posisi manajer menyusul start mengecewakan musim ini. Setelah 17 pekan, ‘Setan Merah’ masih berada di posisi enam dan sudah tertinggal 19 poin dari Liverpool di urutan pertama.

Padahal MU jadi runner-up di musim sebelumnya, plus memenangi Liga Europa dan Piala Liga Inggris.

Manajer Arsenal Unai Emery tak menyangka Mourinho akan dipecat di tengah musim ini, selepas sukses tahun lalu. Itu menegaskan bahwa manajer sekelas Mourinho bisa didepak kapan saja di Premier League.

Mourinho punya pengalaman delapan musim di Premier League, bersama Chelsea dan MU.

“Satu-satunya yang bisa saya katakan adalah itu mengejutkan untuk saya dan bukan kabar bagus. Karena ketika seorang pelatih menuntaskan pekerjaannya seperti itu, itu tak bagus untuk para pelatih,” kata Emery dikutip Mirror.

“Setiap pelatih punya cara masing-masing untuk menangani tim. Mereka selalu berpikir bagaimana bisa lebih baik dengan pekerjaan yang mereka lakukan tiap hari, tim manajemen mereka, dan para pemain secara kolektif dan individu.”

“Mereka berusaha dengan satu cara atau cara lainnya. Pengalaman Mourinho di Premier League dan melatih secara umum itu sangat besar. Itu bukan kabar bagus, dan saya tak tahu kenapa keputusan ini dibuat,” imbuhnya. (mb/detik)

Pos terkait