Metrobatam.com, Tanjungpinang – Kordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) mengadakan pelatihan membatik tulis yang diikuti Pengurus Korcab IV DJA I, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang. Selasa (11/12).

Pelatihan membatik yang diikuti 30 orang peserta dibimbing oleh pelatih Ibu Tyas Susilowati dari Industri Kecil Menengah Batik Bedelau dan Galeri, Exclusive Batik Of Melayu Riau Islands bersama dengan 10 orang pendamping dan ditinjau langsung Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M.

Para peserta pelatihan membatik tulis tersebut diberikan pengetahuan mulai dari cara membuat pola di sehelai kain, cara membatik diatas pola sampai dengan pewarnaan sampai proses pengeringan yang menggunakan sinar matahari sehingga terbentuklah sehelai kain batik. Untuk pelatihan kali ini para peserta diberikan pengetahuan membatik motiv kearifan lokal yang berada di melayu diantaranya meresam, kupuh sirih, bintang laut, gonggong tegak, kemunting, bunga tanjung dan ikan sembilang.

Sementara itu Ketua Korcab IV DJA I Ny. Irmelada R. Eko Suyatno mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu Program Kerja Korcab IV DJA I tahun 2018, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta kemampuan membatik kepada ibu-ibu Jalasenastri sekaligus melestarikan kearifan lokal melayu yang dituangkan dalam berbagai motiv batik. Diharapkan dengan kegiatan ini ibu-ibu Jalasenastri khususnya Korcab IV DJA I dapat menyerap pengetahuan yang diberikan selanjutnya dikembangakan menjadi suatu prodak yang dapat pasarkan.

Pelaksanaan pelatihan batik tersebut ditinjau langsung oleh Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., beserta para Asisten Danlantamal dan Kepala Dinas serta Kepala Satuan Kerja di Lingkungan Mako Lantamal IV.

(Penlantamal IV)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...