Valencia – Manchester United mesti mengakui keunggulan tim tuan rumah Valencia dengan skor 1-2. Dengan kekalahan ini, MU menjadi runner-up Grup H Liga Champions.

Bertandang ke Stadion Mestalla, Kamis (13/12) dinihari WIB, MU tertinggal dari Valencia di babak pertama melalui gol Carlos Soler di menit ke-17. Gol bunuh diri Phil Jones di awal babak kedua memperbesar keunggulan Los Che.

Permainan MU membaik menjelang pertandingan selesai. MU akhirnya mampu menciptakan gol balasan berkat pemain pengganti Marcus Rashford.

Meski kalah, hasil ini tidak memengaruhi MU karena telah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Dengan demikian, MU menyudahi babak 32 besar di posisi kedua klasemen grup usai mengantongi 10 poin. MU finis di bawah Juventus [12 poin] yang di laga lainnya juga menderita kekalahan 1-2 dari Young Boys.

Valencia di peringkat ketiga dengan delapan poin dan akan tampil di Liga Europa. Young Boys menutup kiprahnya di Liga Champions dengan manis meski finis di urutan terbawah dengan empat poin.

Jalannya Pertandingan

Valencia mampu menjaga bola di menit-menit awal sehingga bisa melakukan serangan dengan lancar. Sebaliknya, MU justru kesulitan mempertahankan possession.

Valencia membuka keunggulan di menit ke-17. Diawali dari serangan di sisi kiri pertahanan MU, bola blocking Phil Jones jatuh di jalur Carlos Soler untuk diteruskan dengan sepakan keras terukur ke sudut bawah gawang MU. Valencia memimpin 1-0.

MU masih kesulitan untuk melakukan serangan berbahaya, alih-alih menciptakan peluang. Sedangkan serangan-serangan Valencia kerap membuat MU kerepotan.

Michy Batshuayi membuang peluang emas di menit ke-32. Menerima umpan silang dari sisi kanan, Batshuayi berada di posisi ideal untuk mencetak gol. Namun sundulannya di dalam kotak penalti melambung tipis di atas gawang MU.

Dua menit berselang, Dani Parejo mengirim umpan silang dari sisi kanan yang diteruskan Soler dengan sontekan di tiang dekat. Sergio Romero membuat penyelamatan gemilang untuk mencegah gawang MU kebobolan lagi.

Sebuah peluang emas yang gagal dimaksimalkan MU. Di menit ke-36, sontekan Paul Pogba dari jarak dekat hanya bersarang di sisi luar jala gawang Valencia setelah menyambut sundulan Marouane Fellaini.

Gelombang serangan Valencia kembali dilancarkan. Empat menit kemudian, Dani Parejo yang melewati Fellaini melepaskan sepakan. Namun, Fred sukses memblok percobaannya.

Valencia akhirnya mendapatkan gol keduanya secara cuma-cuma sesaat setelah kickoff babak kedua. Phil Jones mencetak gol bunuh diri sehingga Valencia kini mengungguli MU 2-0.

Sebuah umpan terobosan menusuk ke jantung pertahanan MU. Romero keluar dari sarangnya, Jones yang mengawal Batshuayi menyapu bola yang justru masuk ke gawangnya sendiri.

Soler menyerbu perahanan MU untuk melepaskan operan terobosan kepada Santi Mina. Romero keluar dari gawang untuk menyempitkan ruang tembak dan membuat penyelamatan bagus dari tendangan Mina.

MU menciptakan peluang di menit ke-75. Dari serangan balik cepat melalui Pogba, bola dialirkan kepada Andreas Pereira. Pemain yang disebut terakhir melepaskan tembakan jarak jauh yang memaksa Jaume Domenech melakukan penyelamatan.

Dua belas menit kemudian, MU akhirnya menciptakan gol balasan. Dari umpan silang Jesse Lingard kepada Ashley Young, Rashford menyambut bola dengan sundulan yang menaklukan Domenech. Skor kini 1-2.

Sebuah peluang emas terlewat. Pogba dengan cerdik mencukil bola ke arah Juan Mata yang berdiri onside di depan gawang. Namun, sentuhan Mata tidak sempurna dan tendangan volinya pun melebar.

Susunan Pemain

VALENCIA: Jaume Domenech, Piccini, Ruben Vezo, Diakhaby, Toni Lato (Garay 51′), Dani Parejo, Cheryshev (Ferran torres 66′), Kondogbia, Carlos Soler, Batshuayi, Santi Mina (Rodrigo 68′)

MANCHESTER UNITED: Romero, Valencia, Rojo (Young 47′), Jones, Bailly, Fellaini, Mata, Pogba, Fred (Rashford 57′), Andreas Pereira, Lukaku (Lingard 69′). (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Tak Hanya Soal Santunan, Pemilu Perlu Dievaluasi agar Tak Ada Korban Jiwa

Metrobatam, Semarang - Puluhan petugas pemilu yang terdiri dari KPPS dan Linmas di Jawa Tengah meninggal dampak dari kelelahan melaksanakan tugas. Upaya memberikan santunan...

Presidential Threshold Dinilai Merusak Sistem Pemilu Serentak

Metrobatam, Jakarta - Salah satu penggagas penyelenggaraan pemilu secara serentak, Effendi Ghazali, menyatakan Pemilu 2019 hancur karena sistem ambang batas presidensial atau presidential threshold...

Komisioner KPU: Mikir Gitu Kalau Mau Bilang Kami Curang

Metrobatam, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz meminta semua pihak tak asal menuduh pihaknya berbuat curang hanya karena ada kesalahan input...

Gara-gara Kesepian, Di Gunungkidul Banyak Lansia Gantung Diri

Metrobatam, Yogyakarta - Banyaknya lansia yang menjadi pelaku gantung diri di Gunungkidul disinyalir karena pengaruh kesepian yang berujung pada depresi. Karena itu, Fopperham menggelar...

Asik Pesta Sabu, 3 Oknum Anggota Polres Pandeglang Ditangkap

Metrobatam, Serang - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten menggerebek tiga oknum anggota Polres Pandeglang Polda Banten, bersama penjaga villa saat sedang pesta sabu...

Real Count KPU 32,27 Persen: Jokowi Ungguli Prabowo Sementara

Metrobatam, Jakarta - Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih unggul sementara dari pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno versi...

KSP: Pembakaran Surat Suara di Puncak Jaya untuk Hindari Penyalahgunaan

Metrobatam, Jakarta - Deputi V Kepala Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani telah mengecek video surat suara dibakar di Puncak Jaya, Papua yang viral. Hasilnya,...

Mahfud Md Minta Revisi UU Pemilu Diprioritaskan

Metrobatam, Jakarta - Eks Ketua MK Mahfud Md punya harapan kepada Presiden Indonesia yang nantinya terpilih secara resmi lewat hasil KPU. Mahfud meminta siapa...

11 Petugas Pemilu Sumsel Tewas, Gubernur Buka Pos Kesehatan

Metrobatam, Palembang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan mencatat dalam satu pekan usai pemungutan suara, ada 11 petugas pemilu di Sumatera Selatan meninggal...

Buron Polisi Ceko Ditangkap di Pelabuhan Ferry Batam

Metrobatam, Batam - Buron kepolisian Ceko ditangkap aparat Polda Kepulauan Riau (Kepri) di Batam. Dia ditangkap saat hendak berangkat ke Singapura. Buron atas nama Novak...

Golkar ke Fadli Zon: Kok Kebelet Amat Seret Pemilu ke Legislatif?

Metrobatam, Jakarta - Fraksi Golkar di DPR heran dengan Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang mengusulkan pembentukan pansus kecurangan Pemilu 2019. Golkar lalu mempertanyakan...

Liga Spanyol: Saling Berbalas Gol, Atletico Bungkam Valencia 3-2

Madrid - Atletico Madrid berhasil mendapatkan hasil positif saat menghadapi Valencia. Sempat saling berbalas gol, Los Colchoneros akhirnya menang 3-2. Pada laga di Wanda Metropolitano,...