Milan Tersingkir dari Liga Europa

Piraeus – AC Milan kalah 1-3 dari Olympiakos dalam matchday keenam Grup F Liga Europa. Hasil ini membuat Rossoneri gagal ke 32 besar.

Olympiakos butuh kemenangan selisih dua gol saat menjamu Milan di Karaiskaki Stadium, Jumat (14/12) dinihari WIB. Babak pertama berjalan ketat hingga tak ada gol yang tercipta.

Di babak kedua, Olympikos berhasil mencapai targetnya untuk menang dengan selisih dua gol. Klub asal Yunani itu menutup laga dengan kemenangan 3-1 lewat gol Pape Abou Cisse, bunuh diri Cristian Zapata, dan penalti Konstantinos Fortounis.

Milan cuma bisa balas sekali untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1. Zapata membayar kesalahannya usai mencetak gol bunuh diri.

Bacaan Lainnya

Kekalahan ini membuat Rossoneri tersingkir dari Liga Europa. Klub asal Italia itu duduk di posisi ketiga Grup F dengan 10 poin.

Jumlah poin Milan sama seperti Olympiakos, yang ada di posisi runner-up, namun Milan kalah selisih gol dengan tiga berbanding lima. Acuan selisih gol digunakan setelah kedua tim saling mengalahkan dengan skor yang sama.

Kekalahan ini menguntungkan Real Betis yang bermain imbang tanpa gol dengan F91 Dudelange. Satu poin sudah cukup untuk Betis melaju ke 32 besar dengan status juara Grup F setelah mengumpulkan 12 poin.

Jalannya Pertandingan

Olympiakos menguasai jalannya permainan di babak pertama dengan penguasaan bola 57 persen. Ada enam tembakan yang mereka lepaskan, namun tak satu pun berbuah gol.

Milan cuma punya penguasaan bola sebesar 43 persen dan melepas sembilan tembakan. Dari catatan itu, Milan juga gagal melesakkan gol. Babak pertama pun tuntas dengan skor kacamata.

Pertandingan berjalan sengit di babak kedua. Oympiakos menghidupkan asa untuk lolos ke 32 besar setelah Pape Abou Cisse berhasil melesakkan gol di menit ke-60 lewat sundulan.

Olympiacos memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-69. Cristian Zapata melesakkan gol bunuh diri setelah membelokkan bola hasil tembakan Guilherme.

Milan cuma butuh waktu dua menit untuk mencetak gol balasan yang membuat posisi mereka aman meski tertinggal 1-2. Zapata membayar kesalahannya dengan mencetak gol usai menyambar umpan dari sepak pojok.

Bencana datang untuk Milan di menit ke-81. Wasit menunjuk titik penalti setelah Ignazio Abate melanggar Torosidis. Konstantinos Fortounis, yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu. Milan pun harus kalah dengan skor 1-3.

Susunan Pemain:

Olympiacos: Jose Sà; Elabdellaoui, Vukovic, Cisse, Koutris; Camara (Torosidis 79), Guilherme; Fetfatzidis (Natcho 69), Fortounis, Podence (Bouchalakis 85); Guerrero.

Milan: Reina; Calabria, Abate, Zapata, Rodriguez (Halilovic 85); Castillejo, Kessie, Bakayoko, Calhanoglu; Cutrone (Laxalt 78), Higuain. (mb/detik)

Pos terkait