Metrobatam.com, Batam – Bencana yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia membawa keprihatinan bagi masyarakat Batam. Karena itu, konsep Kenduri Akhir Tahun 2018 digelar Pemerintah Kota Batam dengan sedikit perbedaan.

“Malam kenduri akhir tahun ini kita gelar dimulai dengan doa. Kegiatan doa dan zikir Batam Peduli Bencana kita mulai pukul 19.30 WIB. Dan akan diikuti majelis taklim, organisasi keagamaan, tokoh masyarakat. Diperkirakan pesertanya mencapai 6-7 ribu orang,” kata Ketua Panitia Hari Jadi Kota Batam, Yusfa Hendri di Batam Centre, Minggu (30/12).

Yusfa mengatakan masyarakat dan Pemerintah Kota Batam selalu peduli terhadap bencana yang melanda sejumlah wilayah. Saat gempa menggoncang kawasan Lombok dan Nusa Tenggara Barat lainnya, masyarakat Batam kumpulkan bantuan sebesar Rp 2 miliar.

Begitu juga ketika Palu diterjang tsunami. Bantuan dari masyarakat Batam mencapai hampir Rp 3 miliar.

“Di malam pergantian tahun nanti kita juga akan melakukan penggalangan dana untuk korban tsunami di Lampung dan Banten. Kotak sumbangan akan diletak di setiap titik pintu masuk Dataran Engku Putri. Bantuan ini akan dikoordinir Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat,” ujar Asisten Pemerintahan Setdako Batam ini.

Yusfa mengatakan untuk acara hiburan tetap dilakukan pada acara malam tahun baru ini. Karena penganggaran kegiatan sudah dilaksanakan sejak APBD 2018 disahkan November tahun lalu. Selain itu, kontrak dengan penyedia sudah dibuat sejak pertengahan tahun.

“Kalau tidak dilaksanakan akan menjadi masalah. Makanya tetap kita adakan hiburan, dengan artis PAS Band dan band lokal lainnya. Tapi konsepnya diubah, dalam kesederhanaan,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan perayaan pergantian tahun kali ini juga tidak akan diramaikan dengan kembang api.

“Karena ini masih suasana duka, jadi kembang api kita tiadakan,” kata dia.

Mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam ini menambahkan, pada puncak pergantian tahun nanti akan diisi dengan peresmian kalender pariwisata Batam.

“Jadi puncaknya nanti kita ganti dengan launching calender event pariwisata Batam 2019,” sebut Ardi.

Pada rangkaian acara nanti juga dijadwalkan teleconference dari pihak kepolisian. Polresta Barelang juga menyiapkan enam titik parkir di seputaran Dataran Engku Putri. Parkir di halaman depan Kantor Walikota Batam untuk tamu VVIP. Kemudian di halaman Kantor DPRD Kota Batam untuk tamu VIP.

Sedangkan untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 umum disiapkan kantong parkir di Welcome To Batam atau depan Asrama haji, depan kantor gas negara sebelah BPJS Kesehatan, depan Jasa Raharja, dan kawasan ruko Holland Bakery.

Lokasi dari Graha Pena-Bundaran BP Batam, simpang Ikan Daun-Kantor BI, dan bundaran PIH-Dataran Engku Putri akan bebas dari kendaraan. Jalan yang ditutup yakni di simpang Ikan Daun, Graha Pena, bundaran PIH, simpang Kantor Pos, bundaran BP Batam menuju Masjid Agung, dan simpang Kantor BI.

(MCBatam)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...