Wadan Lantamal IV Pimpin Upacara Peringatan Hari Armada di Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Wakil Komandan (Wadan) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., memimpin Upacara Peringatan Hari Armada tahun 2018 di Wilayah Tanjungpinang. Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang Kepuluan Riau (Kepri). Rabu (5/12).

Upacara peringatan yang menganbil tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara, Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan NKRI ” tersebut dihadiri Para Asisten Danlantamal IV, Kakuwil dan Dansatrol Lantamal IV, Danwing Udara 2, Para Kadis dan Kasatker serta Komandan di lingkungan Lantamal IV.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanat tertulis yang dibacakan inspektur upacara Wadan Lantamal IV antara lain mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini tidak hanya kegiatan serimonial semata, tetapi merupakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas peran Koarmada I, Koaramada II dan Koarmada III dalam melaksanakan tugas pertahanan di laut. Peringatan Hari Armada juga menjadi wujud introspeksi dan evalusasi bagi seluruh jajaran armada atas pelaksanaan tugas yang telah diemban sehinga kedepan diharapkan semakin optimal.

Selanjutnya Kasal mengatakan dengan adanya organisasi TNI AL yang telah digelar dalam tiga Armada dan karakteristik ancaman yang harus dihadapi maka diperlukan suatu postur kekuatan Koaramada dengan tingkat kesiapan operasional yang tinggi. Hal inilah yang menjadi landasan dalam kebijakan pembangunan kemampuan dan kekuatan TNI Angkatan Laut kedepan. Upaya penataan gelar pasukan TNI perlu ditindak lanjuti dengan penetapan komando pelaksana di tiap-tiap Armada dan pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya.

Bacaan Lainnya

Upacara peringatan tersebut diikuti pasukan upacara yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil yang berasal dari Lantamal IV, RSAL Mediyato S, Wing Udara 2, Lanudal TPI, Pomal Lantaml IV serta Yonmarhanlan IV TPI.

(Thony/Penlantamal IV)

Pos terkait