Debat Capres Diawali dengan Penyampaian Visi-misi, Lalu Pendalaman

Metrobatam, Jakarta – KPU telah membuat susunan acara debat capres pertama dalam Pilpres 2019. Pada debat perdana besok, total akan ada enam segmen yang digelar.

Segmen pertama yakni penyampaian visi-misi oleh kedua kandidat. Kemudian segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi-misi.

“Jadi 2 dan 3 isinya itu sama, pendalaman visi-misi dan program. Jadi sesi 2, dua tema, sesi 3 dua tema. Pertama hukum dan HAM, kedua korupsi dan terorisme,” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan, saat dihubungi, Kamis (17/1).

Sedangkan sesi keempat dan kelima diisi merupakan acara utama. Yakni debat antar kandidat.

Bacaan Lainnya

“Empat dan lima itu sudah debat antar kandidat. Nanti juga empat debat kandidat soal hukum dan HAM, lima debat soal korupsi dan terorisme. Keenam itu closing statement,” katanya.

Debat perdana Pilpres 2019 akan berlangsung di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, nanti malam. Debat akan mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Sementara, siapa pelempar pertanyaan pertama telah diputuskan sebelumnya dengan cara diundi. Namun, Wahyu mengaku lupa siapa yang mendapat giliran pertama untuk bertanya dalam debat.

“Sudah diundi sampai dengan tata tempatnya juga sudah diundi. Tata tempat, siapa yang melempar pertanyaan dulu itu prinsipnya diundi. Sudah diundi pada tanggal 4 Januari,” pungkas Wahyu.

Kominfo Siap Tangkal Hoax & Hate Speech

Sementara upaya menangkal hoax hingga ujaran kebencian (hate speech) pun dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Menurut Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, pihaknya akan memantau secara optimal mengenai isu hoax jelang debat pertama capres cawapres ini.

“Setiap informasi terkait pasangan capres dan cawapres akan kami pantau menggunakan mesin Ais kami. Kalau ada hoax, ami akan segera umumkan ke publik,” tuturnya kepada detikINET, Kamis (17/1).

Pria yang sering dipanggil Nando ini juga mengimbau kepada masyarakat agar sama-sama debat capres cawapres yang berlangsung esok hari tersebut.

“Kita kawal bersama agar proses debat pertama ini berlangsung lancar tanpa gangguan, termaduk gangguan hoax,” kata dia.

Capres cawapres pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) – Ma’Aruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno akan saling adu gagasan di debat yang mengusung tema ‘Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme’.

Debat perdana itu akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/1) nanti. Debat ini nantinya akan dimoderatori Ira Koesno dan Imam Priyono.

Jokowi – Ma’ruf Sudah Mantul

Metrobatam, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyatakan persiapan debat sudah ‘mantul’ alias mantap betul. Paslon nomor urut 01 itu disebut akan berdebat tanpa beban. Sementara Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab meminta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tenang.

“Jelang debat malam ini, Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma’ruf sudah mantap atau bahasa gaul saat ini, sudah mantul, mantap betul. Keduanya berdebat tanpa beban,” kata juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily dalam keterangannya, Kamis (17/1/2019).

Pasangan Jokowi-Ma’ruf, disebut Ace tanpa beban karena menurutnya keduanya memiliki rekam jejak yang baik. Jokowi dan Ma’ruf dinilai tidak dibebani kasus pelanggaran HAM berat, tidak terlibat kasus korupsi, serta memiliki pengalaman dalam aspek hukum dan pemerintahan.

“Ibarat lomba lari cepat, pasangan kami tidak harus memikul ransel dengan beban yang berat. Kakinya juga bergerak lincah tanpa tertahan kasus-kasus. Inilah yang membuat pasangan ‘mantul’,” ujar Ace.

Pemerintahan Jokowi dalam 4 tahun ini dinilai telah meletakkan fondasi bagi reformasi di bidang hukum, penegakan HAM, pemberantasan korupsi. Di bidang hukum, Jokowi disebut terus melakukan reformasi proses dan produk regulasi dengan memangkas aturan yang berbelit-belit dan menghambat kemudahan berusaha bagi rakyat.

“Di bidang penegakan HAM, Pak Jokowi menekankan hak-hak ECOSOC, selain melindungi hak-hak civil dan politik. Akses rakyat mendapat pelayanan kesehatan, pendidikan, dan juga lapangan pekerjaan. Perhatian yang besar diberikan pada perempuan, anak-anak, dan penyandang disabilitas,” jelasnya.

Selain itu, dalam pemberantasan korupsi, Jokowi disebutkan Ace juga telah melakukan penguatan aspek pencegahan dengan strategi nasional antikorupsi, terutama di sektor perizinan, tata niaga, keuangan negara, dan reformasi birokrasi. Dalam aspek penindakan, Jokowi disebut juga telah bertindak konkret mendukung KPK dan juga menggencarkan saber pungli.

“Dalam pemberantasan terorisme, Pak Jokowi telah terbukti diakui dunia karena menekankan soft power melalui instrumen pendidikan, kesejahteraan, dan kebudayaan,” ucap Ace.

Dengan capaian tersebut, politikus Partai Golkar ini menegaskan pasangan calon yang diusungnya tidak akan mundur.

“Dengan bekal cukup banyak capaian dalam 4 tahun terakhir, maka Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma’ruf akan meneruskan fondasi itu untuk melangkah maju. Sehingga tidak mundur lagi,” tegasnya.

Rizieq Shihab Kirim Pesan

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab meminta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tenang sebelum menghadapi debat capres perdana 2019. Pesan itu disampaikan melalui Juru Bicara DPP Front Pembela Islam yang juga Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif.

“Pesan tetap tenang dan konsultasi dengan ulama pradebat,” tutur Slamet saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (17/1).

Slamet mengatakan tidak ada pesan khusus dari Rizieq kepada Prabowo dan Sandi. Menurutnya, Rizieq yakin Prabowo dan Sandi telah berpengalaman dan mampu menguasai panggung debat. Hanya perlu ketenangan agar tidak canggung.

Slamet mengatakan Rizieq juga akan menyaksikan debat capres malam nanti. Meski begitu, dia tidak tahu pasti apakah Rizieq bakal menonton bersama para tamu di rumahnya atau tidak.

“Nah, itu kurang tahu,” kata Slamet.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menginstruksikan anggotanya di sejumlah daerah agar menghelat nonton bareng debat capres. Caleg dan kader parpol pengusung juga diharapkan ikut menggelar acara serupa bersama warga sekitar.

Slamet mengamini bahwa FPI dan PA 212 mendukung Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019 sesuai dengan hasil Ijtima Ulama II. Namun, tidak ada instruksi khusus dari Rizieq agar simpatisan dan kader FPI serta PA 212 untuk mengadakan nonton bareng.

Slamet mengatakan kader dan simpatisan FPI serta PA 212 hanya perlu menyaksikan debat di rumah masing-masing. Rizieq dan DPP FPI juga tidak menerbitkan instruksi agar para kader menonton debat capres.

“Enggak disuruh sudah nonton sendiri,” ucap Slamet. (mb/detik/cnn indonesia)

Pos terkait