Metrobatam, Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan menyoroti kasus penyiraman penyidik senior KPK Novel Baswedan dan maraknya operasi tangkap tangan (OTT) oleh lembaga antirasuah pada debat perdana pilpres 2019 yang akan berlangsung Kamis (17/1).

Debat perdana pilpres 2019 yang bakal berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan akan mengangkat empat tema utama, yakni soal korupsi, penegakan hukum, hak asasi manusia (HAM) dan terorisme.

“[Kasus Novel] termasuk menjadi salah satu yang paling concern, karena kalau seorang penyidik KPK saja 650 hari terbengkalai apa yang terjadi dengan masyarakat umum,” kata Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Mardani Ali Sera di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (8/1).

Selain kasus Novel, kubu Prabowo-Sandi juga disebut akan menyoroti maraknya OTT yang dilakukan KPK kepada aparatur pemerintahan. Jokowi dinilai tak boleh acuh karena memiliki tanggung jawab utama sebagai presiden.

“‘Tidak bisa, ‘itu bukan urusan saya’. Itu bukan pemimpin. Pemimpin itu punya tanggung jawab moral,” ujar Mardani.

Dalam Debat, Prabowo-Sandi Akan Soroti Kasus Novel BaswedanPolisi tak kunjung mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Mardani menjelaskan pihaknya akan mendorong penguatan institusi KPK, salah satu caranya dengan merevisi undang-undang terkait pemberantasan korupsi.

“Ubah undang-undangnya, sekarang ini 67 persen anggota DPR dukung Pak Jokowi. kenapa dibiarkan? Penguatan KPK bisa dijalankan. Sekarang ini semua kendali masih ada di Pak Jokowi. Makanya nanti akan kita elaborasi,” kata pria yang dikenal sebagai salah satu Ketua DPP PKS tersebut.

Debat pertama bakal digelar di Hotel Bidakara, Jakarta pada 17 Januari 2019. Debat akan disiarkan langsung TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV. Ira Koesno dan Imam Priyono bakal jadi moderator debat.

Secara keseluruhan debat antarkandidat pilpres 2019 itu ada sebanyak lima kali. Setelah debat pada 17 Januari, debat kedua rencananya bakal digelar 17 Februari 2019. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...