Metrobatam, Jakarta- Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin menjelaskan makna pakaian Joko Widodo dan dirinya tampil dengan baju koko putih dan kopiah hitam dalam foto untuk kertas suara di Pilpres 2019. Menurut dia, ‘seragam’ putih itu karena pasangan nomor urut 01 ini ingin tampil sebagai sosok pemimpin yang bersih.

Hal itu dikatakan Ma’ruf sekaligus untuk membantah bahwa Jokowi dan dirinya tengah berkamuflase seolah-olah dekat dengan kelompok Alumni 212.

Ma’ruf mengatakan baik Jokowi maupun dirinya juga sama-sama menyukai warna putih. Sehingga dalam foto tersebut tampil dengan koko berwarna putih.

“Ya, kebetulan kan Pak Jokowi suka pakai baju putih, saya juga suka pakai baju putih, kebetulan Pak Jokowi dengan saya sama-sama suka yang putih-putih. Artinya filosofinya yang bersih, jadi kita ingin tampil bersih,” kata Ma’ruf saat ditemui di kediamannya, Menteng, Jakarta, Jumat (4/1).

Mantan Rais Aam PBNU itu menegaskan pihaknya berkomitmen untuk menjalani rangkaian Pilpres 2019 dengan cara yang bersih. Artinya, ingin meraih kemenangan tanpa menggunakan cara-cara kotor.

“Jadi kita ingin tampil bersih dan juga berkampanye bersih. Kita menang tapi juga bersih. Kita tak ingin mengotori suasana pilpres ini dengan perilaku atau ucapan atau cara-cara tak bersih,” kata dia.

Lebih jauh Ma’ruf menambahkkan penggunaan kopiah hitam sebagai pelengkap seragam koko putih untuk foto kertas suara juga punya maksud lain. Menurut Ma’ruf, dengan kopiah itu, mereka ingin menunjukkan ciri khas pemimpin Indonesia.

Ia menyebut sejak zaman presiden dan wakil presiden Indonesia pertama, Soekarno dan Muhammad Hatta, peci selalu digunakan dalam tugas kenegaraan.

“Ya kan, salah satu ciri kita Indonesia itu peci, kita ingin bahwa kita memang pemimpin Indonesia yang harus juga mencerminkan ciri-ciri khasnya, salah satu ciri khasnya adalah pakai peci,” kata Ma’ruf.

Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Pramono Anung sebelumnya mempublikasi foto pasangan Jokowi-Ma’ruf untuk kertas suara Pilpres 2019 melalui akun Twitter resminya @pramonoanung pada Kamis (3/1).

Dalam foto tersebut, Jokowi dan Ma’ruf kompak mengenakan baju koko putih dan kopiah hitam. Senyum merekah pun ditunjukkan mereka.

“Alhamdulillah foto ini yang akan digunakan pasangan nomor 01 di kertas suara,” cuit Pramono disertai foto Jokowi-Ma’ruf.

Prabowo – Sandi Berpakaian Formal

Sementara Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku foto dirinya dan Prabowo yang akan dipajang di surat suara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih dalam tahap finalisasi.

Meski begitu, untuk saat ini pihaknya kemungkinan besar akan memasang foto formal dengan jas hitam disertai peci untuk surat suara.

“Lagi di-finalisasi, tapi salah satu opsi utamanya yang tadi [foto dengan jas formal hitam],” kata Sandi ditemui di kawasan Meruya, Jakarta Barat, Kamis malam (3/1).

Pemilihan pakaian formal dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam sendiri disebut Sandi karena alasan pilpres itu sendiri.

Bagi dia dan Prabowo, pilpres adalah sesuatu yang sangat formal dan harus dijalankan dengan sungguh-sungguh, yakni dimulai dengan foto berbusana formal.

“Bagi kami kan ini sesuatu yang sangat formal. Dan kalo liat foto presiden dan wakil presiden kan semuanya juga pakai pakaian formal,” kata Sandi. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...