Lampaui Target, 2018 Jokowi Sebar 9,3 Juta Sertifikat Tanah

Metrobatam, Jakarta – Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengumumkan capaian sertifikat tanah gratis yang dibagi-bagikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepanjang 2018. Dia mengatakan, realisasinya hingga akhir tahun melebihi target.

“Seluruh produk BPN tahun lalu bisa kita capai 9,3 (juta), 9.314.000 (sertifikat)” katanya di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (10/1).

Angka tersebut melebihi target yang dipatok pada 2018 sebanyak 7 juta sertifikat tanah. Melihat capaian tersebut, diharapkan target tahun ini sebanyak 9 juta sertifikat bisa direalisasikan.

“Mudah-mudahan, karena kan kita ubah aturan, kita perkenalkan teknologi, kita terbantu sekali dengan teknologi, kita perkenalkan juru ukur swasta, kita perbaiki apa yang perlu diperbaiki, birokrasi kita itu kerja oke,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, sebelumnya banyak regulasi yang membuat pemerintah tidak bisa bergerak cepat. Akhirnya regulasi tersebut diperbaiki.

“Selama ini banyak sekali kendala itu karena regulasi, macam-macam yang membuat mereka tidak bisa bergerak cepat,” ujarnya.

Pemerintah pun menargetkan seluruh tanah di Indonesia telah mendapatkan sertifikat tanah alias terdaftar pada 2025.

“Alhamdullilah tahun lalu bisa kerja bagus sekali, mudah-mudahan tahun ini juga. Kita punya target, 2025 seluruh tanah terdaftar di republik ini,” tambahnya. (mb/detik)

Pos terkait