Roma – Juventus memetik poin penuh dari lawatan ke markas Lazio. Sempat tertinggal lebih dulu, Juventus bangkit dan akhirnya menang 2-1.

Juventus tandang ke markas Lazio dalam pertandingan pekan ke-21 Liga Italia. Bertanding di Stadioin Olimpico, Senin (28/1) dini hari WIB, Juventus sempat kewalahan dengan gempuran Lazio.

Sepanjang pertandingan, Lazio tercatat melepaskan 17 tembakan, enam di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Juventus hanya melakukan enam percobaan mencetak gol dan tiga yang on target.

Lazio unggul lebih dulu di menit ke-59 lewat gol bunuh diri Emre Can. Mereka kemudian dapat peluang emas untuk menggandakan keunggulan, tapi Ciro Immobile gagal memaksimalkannya.

Juventus menyamakan kedudukan di menit ke-74 lewat sepakan Joao Cancelo. Tim tamu kemudian mendapat penalti usai Cancelo dijatuhkan Stefan Radu. Cristiano Ronaldo yang jadi ekeskutor sukses menjalankan tugasnya untuk membawa Juventus berbalik unggul.

Berkat kemenangan ini, Juventus semakin jauh meninggalkan rival-rivalnya. Tim arahan Massimiliano Allegri itu kini mengumpulkan 59 poin dari 21 laga, unggul 11 angka atas Napoli yang ada di urutan kedua. Sementara Lazio turun ke posisi delapan dengan 32 poin.

Jalannya Pertandingan

Lazio tampil menyerang sejak awal pertandingan. Tekanan yang dilancarkan tuan rumah beberapa kali mengancam pertahanan Juventus.

Lazio mendapat peluang lebih dulu lewat umpan yang dilepaskan Luis Alberto. Wallace meneruskannya dengan sundulan, tapi bola terlalu lemah dan mudah diamankan oleh Wojciech Szczesny.

Kesalahan Emre Can di dekat kotak penalti nyaris membahayakan Juventus. Correa menguasai bola dan menyodorkan kepada Alberto. Alberto kemudian melepaskan tembakan ke arah pojok kiri bawah gawang yang memaksa Szczesny melakukan penyelamatan.

Szczesny kembali menggagalkan peluang Lazio. Kali ini kiper Polandia itu menepis tendangan Marco Parolo dengan tangan kirinya.

Ciro Immobile nyaris memberi Lazio keunggulan pada menit ke-43 ketika ia menendang bola melewati Szczesny yang keluar dari sarangnya. Namun Daniele Rugani dengan cepat menghalau bola di depan gawang. Skor 0-0 bertahan sampai babak pertama usai.

Usai kewalahan di babak pertama, Juventus mencoba langsung menggebrak di babak kedua. Tak lama usai restart, Juventus dapat peluang. Bola umpan dari Douglas Costa bergulir di depan gawang tapi Ronaldo tak mampu menjangkaunya.

Peluang kembali didapat Lazio. Namun tembakan Luis Alberto dari muka kotak penalti masih menyamping dari gawang Szczesny.

Upaya Lazio untuk mencetak gol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-59. Berawal dari tendangan sudut Luis Alberto, bola dibelokkan oleh Bastos dan mengenai Emre Can. Reaksi Can tersebut justru mengarahkan bola ke gawang sendiri.

Lima menit berselang, Immobile mendapat kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan Lazio. Menerima bola terobosan dari Correa, Immobile tinggal menghadapi Szczesny. Meski menghadapi peluang yang terbuka lebar, Immobile gagal mengarahkan tendangannya gawang. Sepakan kaki kanannya justru melenceng.

Lazio lagi-lagi menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol. Kali ini Luis Alberto yang gagal mengarahkan tendangannya ke gawang. Mendapat ruang terbuka di depan kotak penalti, gelandang asal Spanyol itu melepaskan tembakan tapi melebar dari gawang.

Juventus menyamakan skor pada menit ke-74. Joao Cancelo yang baru masuk empat menit sebelumnya menjadi pencetak golnya.

Federico Bernardeschi mengawali dengan melakukan penetrasi dari sisi kiri. Ia kemudian mengoper bola kepada Paulo Dybala yang tendangannya ditepis oleh Thomas Strakosha. Dengan tenang, Cancelo mengarahkan bola muntah ke pojok kiri bawah gawang Lazio untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Juventus kemudian mendapat penalti pada menit ke-88. Wasit menunjuk titik putih usai Cancelo dijatuhkan oleh Stefan Radu. Ronaldo yang maju sebagai ekeskutor sukses mengecoh Strakosha untuk membawa Juventus berbalik unggul 2-1.

Pada masa injury time, Lazio punya kesempatan usai mendapat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Juventus. Namun Sergej Milinkovic-Savic melambung jauh dari sasaran. Tak lama kemudian, wasit meniup peluit tanda pertandingan usai.

Susunan Pemain

Lazio: Strakosha; Bastos (Pedro Neto 90), Wallace, Radu; Parolo, Luis Alberto (Berisha 81), Leiva, Milinkovic-Savic, Lulic; Correa, Immobile (Caicedo 83)

Juventus: Szczesny; De Sciglio, Bonucci (Chiellini 40), Rugani, Alex Sandro; Emre Can, Matuidi (Bernardeschi 60), Bentancur; Douglas Costa (Cancelo 70), Dybala, Ronaldo. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Waduh! Main Game Selama 50 Jam, Pria Ini Kena Stroke

Metrobatam, Jakarta - Kebablasan main game online selama 50 jam nonstop, seorang pria asal Shenzen, China harus dilarikan ke rumah sakit. Pria berusia 42...

Sejumlah Napi dan Tahanan Mengamuk dan Bakar Rutan di Sulbar

Metrobatam, Jakarta - Sejumlah tahanan dan narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat mengamuk dan membakar ruangan dan...

Dibantarkan Sejak 2 April, Rommy Segera Kembali Ditahan KPK di Rutan

Metrobatam, Jakarta - Tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) Romahurmuziy (Rommy) masih dalam pembantaran di RS Polri. Rommy dirawat di...

Kasus Dagang Perkara, 2 Hakim PN Jaksel Didakwa Terima Suap Ratusan Juta

Metrobatam, Jakarta - Jaksa KPK mendakwa R Iswahyudi Widodo dan Irwan telah menerima suap karena 'memperdagangkan' perkara. Iswahyudi dan Irwan didakwa dalam kapasitasnya sebagai...

Kominfo Rilis 23 Hoaks, Termasuk Neno Sebut Prabowo Rasul

Metrobatam, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat Subdit Pengendalian Konten Internet merilis temuan hoaks seputar Pemilu 2019 per Sabtu, 20 April 2019....

Kisah Petugas KPPS Lebak Meninggal Saat Sujud Salat

Metrobatam, Lebak - Petugas KPPS di Lebak, Banten, Jumri meninggal karena kelelahan selama proses hitung suara. Sempat izin untuk salat subuh saat penghitungan C1...

PDIP Curigai Rekomendasi Bawaslu Soal Hitung Ulang di Surabaya

Metrobatam, Surabaya - Bawaslu Surabaya merekomendasikan penghitungan suara ulang di seluruh TPS Surabaya. Menanggapi hal itu, PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menilai sikap Bawaslu...

KASN Tolak Gabung jika TPF Kecurangan Pilpres 2019 Dibentuk

Metrobatam, Jakarta - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menolak bergabung jika kedua pasangan calon presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sepakat membentuk...

Selama Pemilu 54 Petugas KPPS dan 15 Polisi Meninggal

Metrobatam, Jakarta - KPU menyebut total ada 54 petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019. Jumlah...

Caleg PDIP Ditangkap di Kasus Pembakaran 15 Kotak Suara di Jambi

Metrobatam, Sungai Penuh - Polisi menangkap 3 pelaku kasus pembakaran 15 kotak surat suara DPRD di Sungai Penuh, Jambi. 3 orang yang ditangkap 1...

Menlu Ditemui Dubes Sri Lanka, RI Siap Beri Bantuan Pascateror Bom

Metrobatam, Jakarta - Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharshana M Perera menemui Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi. Dalam pertemuan itu,...

Bawaslu Kota Tanjungpinang akan Perketat Pengawasan 5 TPS PSU

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Bawaslu Kota Tanjungpinang akan perketat proses pengawasan terhadap 5 TPS yang akan PSU (Pemungutan Suara Ulang). Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini...