Pemkab Lingga dan IPB Perkuat Kerjasama Pertanian

Metrobatam.com, Bogor – Tekad Pemerintah Kabupaten Lingga untuk menjadikan bumi Bunda Tanah Melayu sebagai daerah yang unggul di bidang pertanian terus digesa dengan menggandeng sejumlah perguruan tinggi ternama di negeri ini. Salah satunya melakukan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Hal itu terungkap saat Bupati Lingga H. Alias Wello, S. IP melakukan pertemuan dengan Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP, M. Si di sela-sela menghadiri acara wisuda Program Vokasi D1 Pertanian kerjasama Pemkab Lingga dengan IPB di gedung Andi Hakim Nasoetion, Bogor, Selasa (15/1/2019).

Hadir mendampingi Bupati Lingga dalam pertemuan tersebut, antara lain, Kadis Pendidikan Drs. Junaidi Adjam, Plt. Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Nirmansyah, S. Sos, Tenaga Ahli Bupati, Dr. Deddy Zulfriady Noor, Staf Khusus Bupati, Ady Indra Pawennari.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Lingga yang akrab disapa Awe itu, menyampaikan 6 poin rencana kerjasama, yakni kelanjutan Program Pendidikan di luar domisili Vokasi D1 Pertanian dan Peternakan, Pelatihan dan Pendampingan Petani Padi Sawah, Pengembangan Budidaya Laut (Udang Vaname, Bawal Bintang, Kakap Putih, Kerapu dan Rumput Laut).

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Pengembangan Hijauan Pakan Ternak (HPT) Indigofera, Pelatihan Teknologi Pakan Ternak, Pelatihan Teknologi Produksi IB, Pengembangan Kultur Jaringan dan Kelanjutan Kajian Masterplan Tanah Putih Agro Techno Park.

Untuk memperkuat rencana kerjasama tersebut, Bupati Lingga menugaskan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bersama Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan terus menjalin komunikasi dengan pihak IPB.

Bupati berharap, salah satu rencana kerjasama yang bisa dilakukan dalam waktu cepat ini adalah pendirian Politeknik Pertanian. Jika ini bisa terealisasi, maka inilah perguruan tinggi pertanian pertama di Kepulauan Riau.

“Semoga dapat segera berdiri untuk meningkatkan daya saing SDM Pertanian Lingga” ujar Bupati Lingga berharap.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria, SP, M.Si berkomitmen mewujudkan harapan bupati Lingga. Bahkan, ia langsung menugaskan Dekan Vokasi IPB utk segera membentuk tim menindaklanjuti rencana tersebut.

“Untuk diskusi lebih lanjut, saya minta Dekan Vokasi segera bentuk tim untuk membantu pak Bupati mewujudkan pendirian Politeknik Pertanian di Lingga,” ujar Rektor IPB, Arif Satria saat menerima Bupati Lingga. (TJ Simarmata)

Pos terkait