Saifudin, Pria Asal Klaten yang Dikabarkan Tewas di Suriah?

Metrobatam, Solo – Warga Kabupaten Klaten, Muhammad Saifuddin alias Walid dikabarkan tewas di Suriah. Dia tewas setelah terkena serpihan peluru tank dalam sebuah pertempuranpada Rabu (23/1) pekan lalu.

Menurut seorang sumber detikcom, Walid merupakan salah satu warga negara Indonesia (WNI) yang bergabung dengan ISIS. Dia termasuk jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Read More

“Saifuddin ini dikenal sebagai ‘si kembar’ karena memang punya kembaran. Adiknya bernama Nasiruddin,” kata sumber detikcom saat ditemui di Solo, Selasa (29/1/2019).

Keduanya sama-sama merupakan jaringan gerakan di Ambon. Namun Nasiruddin sudah lebih dahulu tewas dalam konflik Ambon.

“Kalau di Solo justru dia enggak kelihatan aktivitasnya,” ujarnya.

Sedangkan keberangkatannya ke Suriah diperkirakan sudah sejak 2016 atau tiga tahun yang lalu. Dia diketahui berangkat bersama istrinya. Saat itu, jalur menuju Suriah dinilai masih mudah dilalui.

“Saat itu jalur menuju Suriah masih gampang. Tapi saya belum tahu, Walid ini jalurnya siapa, apakah Bahrumsyah, Abu Jandal, atau lainnya,” katanya.

Selain berperang, Walid dan kawan-kawan juga berkegiatan lainnya. Dalam kegiatan kajian agama, Walid dikenal sebagai ustaz bagi komunitas Indonesia dalam kelompok ISIS.

Sedangkan mengenai kabar kematian Walid sudah dibenarkan oleh pihak keluarga. Namun keluarga tidak berharap banyak mengenai pemulangan jenazah ke Indonesia.

“Ya mau bagaimana lagi. Sudah kami ikhlaskan,” kata kakak Walid, Muinuddinillah Basri, saat dihubungi detikcom. (mb/detik)

Loading...

Related posts