SBY Minta Prabowo-Sandi Tak Buat Rakyat Bingung Saat Debat

Metrobatam, Jakarta – Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief mengatakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menyampaikan visi, misi, dan program yang realistis saat debat capres perdana 17 Januari mendatang.

Menurutnya, jika Prabowo-Sandi menyampaikan program yang sulit dilakukan, maka masyarakat akan bingung. Pesan itu disampaikan SBY saat bertemu Prabowo dan Sandi di kediamannya, kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis siang (10/1).

“Menurut SBY, pemaparan visi, misi, dan debat itu yang terpenting menyampaikan yang mungkin akan tercapai. Jangan bingungkan rakyat,” ucap Andi melalui pesan singkat, Kamis (10/1).

Andi mengamini bahwa SBY, Prabowo, dan Sandi menghelat rapat untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan debat perdana. Namun, dia menampik ketua umumnya itu mengintervensi terlalu jauh.

Bacaan Lainnya

Andi mengatakan tidak ada visi dan misi Prabowo-Sandi yang diubah oleh SBY sebelum dipaparkan dalam debat.

“Soal visi, misi, dan debat Pak Prabowo-Sandi tidak dipoles-poles. Autentik seperti yang dilakukan paslon ini,” ujar Andi.

Dia menyebut Pilpres 2019 adalah panggung kontestasi milik Prabowo dan Sandi, bukan SBY. Karenanya, SBY menghormati mereka berdua.

Andi juga menggarisbawahi bahwa SBY yakin Prabowo dan Sandi mampu menghadapi debat perdana mendatang. Terlebih, Prabowo sudah pernah berdebat dalam panggung Pilpres 2009 dan 2014 silam. Dengan kata lain, Mantan Danjen Kopassus itu tidak akan canggung lantaran telah memiliki cukup pengalaman.

“Demikian juga Sandiaga Uno yang menjalani Pilkada DKI Jakarta 2017,” kata Andi.

Komisi Pemilihan Umum bakal menggelar debat kandidat Pilpres 2019 yang pertama di Hotel Bidakara, Jakarta pada 17 Januari mendatang. Tema debat perdana itu adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku akan meminta masukan dari SBY terkait debat yang akan dihadapinya. Tentu karena SBY memiliki pengalaman mumpuni lantaran memenangkan Pilpres 2004 dan 2009 silam.

Sandi bersama Prabowo mengunjungi kediaman SBY di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, pada Kamis siang (10/1). Mereka rapat membicarakan banyak hal. Termasuk persiapan menghadapi debat perdana.

“Bahwa pertemuan SBY dengan Prabowo-Sandi tadi ada menyinggung pelaksanan debat dan visi, misi, tentu saja. Tetapi pertemuan tidak melulu bicara itu, tetapi bicara tentang situasi politik dan strategi ke depan,” ucap wasekjen Partai Demokrat Andi Arief. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait