Tempuh 14.000 Km, Geng Ini Berangkat Umrah Pakai Motor Bebek

Mekah – Tiga pria dari Kota Bharu, Kelantan, Malaysia, ini memiliki cerita menarik. Ketiga pria tersebut berangkat umrah ke Tanah Suci dengan mengendarai motor bebek.

Ketiga pria itu adalah Diami Yusuf (58), Mohamad Fadhli (40) dan Mohd Zalani (64). Diberitakan beberapa media lokal Malaysia, perjalanan ini ditempuh selama sekitar dua bulan.

Mereka berniat berangkat umrah pakai sepeda motor untuk mengeksplorasi kesulitan orang-orang dahulu saat beribadah ke Mekah. Ketiga rider itu pun membuktikan bahwa walaupun hanya menggunakan motor bebek, mereka bisa beribadah ke Tanah Suci.

Dari Malaysia, mereka menempuh jarak 14.000 kilometer dalam 2 bulan perjalanan. Kawanan yang menyebut diri mereka dengan sebutan ‘Gi Mekoh Nga Mutor’ itu melakukan perjalanan umrah pakai motor melintasi delapan negara. Dari Malaysia, mereka ke Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Iran, Uni Emirat Arab, dan tiba di Mekah, Arab Saudi. Mereka memulai perjalanan sejak 3 November 2018.

Bacaan Lainnya

Bukan tanpa persiapan, perjalanan umrah pakai motor ini sudah diperhitungkan matang-matang. Disebutkan, perjalanan ini sudah direncanakan sejak awal 2018. Ketiga rider tersebut pun punya pengalaman dalam mengembara menggunakan roda dua.

Diami sudah berpengalaman naik motor ke berbagai negara Asia termasuk touring ke Leh, Ladakh, India yang merupakan puncak tertinggi dunia pada 2016. Sementara Mohd Zalani merupakan mekanik sepeda motor berpengalaman selama 40 tahun.

Berbagai tantangan dihadapinya. Salah satu yang paling menantang adalah terhenti di Dubai karena visa belum disetujui. Padahal, jarak ke Mekah tinggal 2.400 km lagi.

Kini, geng ‘Gi Mekoh Nga Mutor’ sudah tiba di Mekah. Mereka sampai di Mekah pada 21 Januari kemarin. Ketiganya juga ingin melakukan sujud syukur di Masjid Quba sebagai tanda terima kasih atas doa dan impian mereka melakukan perjalanan religi ini. (mb/detik)

Pos terkait