Polda Kepri Ikuti Video Conference dengan Kapolri Terkait Indeks Kepercayaan kepada Polri, Ini Hasilnya

Wakapolda Kepri Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH. menyampaian hasil Video Conference dg Bpk Kapolri tentang hasil Survey terkait Indeks Kepercayaan terhadap Institusi Polri dan kegiatan Millenial Road Safety Festival.

Metrobatam.com, Batam – Penyampaian hasil Video Conference dengan Kapolri tentang hasil Survey terkait Indeks Kepercayaan terhadap Institusi Polri dan kegiatan Millenial Road Safety Festival. dilaksanakan di ruangan kerja Wakapolda Kepri, Pada hari Kamis, tanggal 7 Februari 2019, Sekira pukul 13.00 WIB.

Penyampaian hasil Video Conference dengan Kapolri yang dihadiri Oleh, Wakapolda Kepri Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yan Fitri Halimansyah, M. H, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs. S. Erlangga, dan Para awak media.

Wakapolda Kepri Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH, menyampaikan hasil Riset Markplus Insight yang dipimpin oleh Prof, Dr. Hermawan Kertajaya, didapati dari beberapa lembaga Survei terkait Indeks kepercayaan terhadap Institusi Polri menunjukkan hasil yang semakin baik.

Setelah itu, beberapa lembaga survey terhadap indeks kepuasan dan kepercayaan terhadap Polri. Pertama pada Survei Alvara pada bulan Mei 2018 Indeks Kepuasan (%) publik terhadap Polri 78,8% meningkat 1,6% dari Februari 2018, dan menempati posisi ke-3 Terbaik. Kedua pada Survei Litbang Kompas pada bulan Juni 2018 Indeks Kepercayaan Publik terhadap Polri mencapai 82,9% Merupakan Indeks kepercayaan tertinggi sejak era Reformasi. Ketiga pada Survey LSI pada bulan Juli 2018 Indeks Kepercayaan Publik terhadap Polri 87,8% menempati posisi ke-3 Terbaik. Dan keempat pada Survei The Gallup Pada tahun 2018 Indonesia berada posisi ke-9 Negara Teraman dari 142 Negara yang di survey, menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri terkait rasa aman dari gangguan kejahatan di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dan Wakapolda Kepri menjelaskan, Indeks Kepuasan dan Indeks Kepercayaan terhadap Polda Kepulauan Riau dengan Jumlah Penduduk sebanyak 789,853 dengan Indeks Kepuasan 82,05 % dan Indeks Kepercayaan 88,44%. Artinya dari pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Polda Kepri selama ini ada upaya yang meningkat baik di jajaran Polres-polres sampai dengan Polsek-polsek maupun yang dilakukan oleh Polda sendiri, pelayanan publik ini erat hubungan nya dengan fasilitas maupun keterpercayaannya, kecepatan nya, kepuasannya, respon personil polri yang dilapangan, kemudian respon pimpinan juga mendapatkan perhatiannya sendiri.

“Polda Kepri mendapatkan posisi ini tidak lepas juga dari peran para awak media yang sangat besar mempublikasi kinerja dan kegiatan Polda Kepri dan jajaran. Dan untuk kedepan nya Polda Kepri akan terus berusaha meningkatkan kembali untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi,” kata Wakapolda.

Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian, terdapat 21 Polres yang masuk ke dalam Klasifikasi Kota kecil yang memiliki Indeks Kepuasan diatas 76,46%, untuk Polres Lingga dengan Indeks kepuasan sebesar 95,14%, berikutnya Polres Kepulauan Anambas dengan Indeks Kepuasan sebesar 84,10%. Dan Polres Natuna dengan Indeks Kepuasan 82,98%.

Sedangkan untuk Klasifikasi Kota kecil yang memiliki Indeks Kepercayaan diatas 80,37%, untuk Polres Lingga dengan Indeks Kepercayaan 98,33%,

Polres Kepulauan Anambas dengan Indeks Kepercayaan sebesar 95,00% dan Polres Natuna sebesar 86,67%.

Dari 268 Polres yang dilakukan Survey oleh Markplus Insight untuk Polres Klasifikasi Kota Sedang yang memiliki Indeks Kepuasan diatas 76,46%, Polres Tanjungpinang dengan Indeks Kepuasan sebesar 86,12% disusul dengan Polres Bintan sebesar 80,28%

Dan untuk Klasifikasi Kota Sedang yang memiliki Indeks Kepercayaan diatas 80,37%,

Polres Tanjungpinang dengan Indeks Kepercayaan sebesar 93,33% dan Polres Bintan sebesar 88,33%.

Kemudian klasifikasi Polres/ta yang berada di Fasilitas Umum dengan tingkat Indeks kepuasan diatas 76,46% , Polresta Barelang Indeks Kepuasan sebesar *75,20%. Sedangkan untuk Indeks Kepercayaan di atas 80,37%, Polresta Barelang berhasil memperoleh Indeks Kepercayaan sebesar *83,33%

Selanjutnya, Wakapolda Kepri juga menyampaikan terkait dengan kegiatan Millenial Road Safety Festival Polda Kepri yang akan dilaksanakan serentak sejajaran Polda Kepri pd tanggal 24 Februari 2019, kedepannya diharapkan dapat menjadi sebuah momentum yang baik dan menghibur untuk masyarakat Kepri, karena dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polres yang ada di Polda Kepri, bersamaan dengan waktu yang sama nanti akan diadakan Video Conference di lapangan terbuka. untuk Polda Kepri dan Polresta Barelang bergabung pelaksanaan nya di Engku Putri Batam Centre pada hari Minggu tanggal 24 Februari 2019.

“Nanti akan diadakan juga kegiatan tambahan berupa event kegiatan Terjun Payung dengan membawa bendera generasi Millenial, Bendera Polda Kepri dan Bendera Merah Putih yang akan dibawakan oleh penerjun dengan usia yang millenial juga dari ketinggian lebih kurang 5000 feat, dan diharapkan dapat mendarat di tribun utama Kegiatan, minimal di lapangan Alun-Alun Engku Putri. Untuk Harapan dari seluruh kegiatan ini bagi generasi millennial agar mereka dapat diselamatkan menjadi korban kecelakaan lalu lintas, karena generasi muda kita inilah yang akan menjadi penerus bagi kelanjutan negara ini. Dan ini merupakan kewajiban kita bersama untuk menyampaikan kepada generasi-generasi kita.” tutup Wakapolda. (rls)

Pos terkait