Indonesia Resmi akan Gelar MotoGP dan World Superbike

Ilustrasi

Metrobatam.com, Madrid – Promotor ajang balap motor bergengsi dunia, Dorna, resmi mengumumkan bahwa Indonesia akan menggelar MotoGP di 2021. Selain itu, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah kejuaraan World Superbike (WSBK).

Dorna dan ITDC (Indonesia Tourism Development) telah menjalin kesepakatan untuk menggelar dua kejuaraan balap motor bergengsi itu di Madrid, Spanyol pada 28 Januari 2019. Penandatanganan dilakukan oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan CEO ITDC Abdulbar M. Mansoer, yang turut disaksikan Dubes Indonesia untuk Spanyol Drs. Hermono.

Kesepakatan itu memastikan, Indonesia akan menyelenggarakan balap MotoGP dan WSBK di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mandalika sendiri merupakan kawasan wisata terpadu berskala besar.

ITDC mengonfirmasi akan membangun sirkuit yang mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti seri Formula 1 di GP Monako dan GP Singapura. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km dengan 18 tikungan.

Bacaan Lainnya

“Ini akan menjadi sebuah rencana yang unik. Memiliki sirkuit urban dan kelas dunia di negara dengan fans MotoGP yang sangat besar,” ujarnya pada situs resmi MotoGP. “Indonesia adalah kunci bagi pemasaran kami menilik dari persentase fans olahraga otomotif yang sangat tinggi di sana. Atmosfer MotoGP akan semakin kental di sana ketika sirkuit sudah selesai dibangun.”

“Juga dengan memasukkan Lombok ke dalam kalender World SBK, membuat tawaran ini lebih atraktif untuk fans lokal yang akan memiliki dua event kelas dunia di area yang sama,” tutur Ezpeleta.

“Kami sangat antusias bisa berpartner dengan Dorna dan bahagia sekali bisa membawa kejuaraan-kejuaraan balap motor kelas dunia ke Indonesia dan Mandalika di Lombok secara bersamaan,” timpal Abdulbar.

(Detik.com)

Pos terkait