Jokowi Buka Munas Alim Ulama: Terima Kasih NU

Metrobatam, Banjar – Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada Nahdlatul Ulama (NU) yang telah berkontribusi dalam merawat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia menyebut warga Nahdliyin selalu berada di garis depan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Saya ucapkan terima kasih NU sudah berikan konstribusi dalam merawat Indonesia,” kata Jokowi saat sambutan pembukaan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2).

Calon presiden nomor 01 itu menyatakan bahwa NU selalu menjadi garda terdepan untuk mencegah pihak-pihak yang ingin mengganti dasar negara Pancasila dan mempertentangkan Pancasila dengan Islam. Menurut Jokowi, bagi NU Pancasila adalah solusi kebangsaan yang jadi konsensus.

“Maka saya sambut dengan penuh gembira Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konbes NU ini,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Jokowi juga mengapresiasi tema yang diangkat dalam acara tersebut. Munas Alim Ulama dan Konbes NU kali ini mengusung tema ‘Memperkuat Ukhuwah Wathaniyah untuk Kedaulatan Rakyat’. Acara tersebut digelar tiga hari, mulai hari ini sampai Jumat 1 Maret 2019.

“Tema ini penting karena tegaskan komitmen NU untuk kuatkan ukhuwah kita,” kata Jokowi.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua PBNU Said Aqil, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur Yenny Wahid.

Sementara pejabat yang mendampingi Jokowi, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait