Kecamatan Lingga Utara Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan

Metrobatam.com, Lingga – Kecamatan Lingga Utara menggelar musrenbang rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Lingga. Kegiatan itu digelar untuk menyusun usulan rancangan awal RKPD tahun yang akan datang.

“Pada hari ini kita bersama-sama hadir dalam rangka musrenbang tingkat kecamatan yang dilaksanakan hari ini,” kata Camat Lingga Utara Muslim dalam sambutannya mewakili Bupati Lingga Alias Wello, Senin (11/2/2019) pagi.

Musrenbang di Kecamatan Lingga Utara diselenggarakan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan
pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan yang akan di musyawarahkan dalam forum – forum OPD dan musrenbang Kabupaten. Serta menetapkan perwakilan Kecamatan untuk mengawal usulan merupakan kegiatan pokok Kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Musrenbang ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam rangka program penjaringan yang dimulai dari desa, kelurahan dan kecamatan yang akan kita usulkan ke musrenbang tingkat Kabupaten Lingga tahun 2020,” kata Muslim.

Dalam hal ini, pemerintah mengangkat tema penyelenggaraan pemerintahan yang baik(Good overmance ) dibukanya peluang bagi masyarakat dalam pengambilan keputusan dalam turut serta pembangunan, termasuk aspek perencanaan yang memegang peranan utama. Satu diantara ruang yaitu keikutsertaan masyarakat dalm proses perencanaan yang harus dilakukan secara berjenjang.

Kegiatan musrenbang, lanjut Muslim tidak hanya menjadi wadah bagi penyusunan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Musrenbang harus dipandang sebagai saluran resmi matang untuk menampung aspirasi dalam rangka memperoleh akses yang memadai dalam kebijakan penganggaran yang harus dipersiapkan secara pembangunan sehingga mutu prosoes dan musrenbang akan sangat menentukan didalam mutu kehidupan bermasyarakat. (Simarmata)

Pos terkait