Gelsenkirchen – Manchester City menang 3-2 atas Schalke pada leg I 16 besar Liga Champions. Padahal, City bermain 10 pemain karena Nicolas Otamendi dikartu merah.

Dalam pertandingan di Veltins Arena, Kamis (21/2/2019) dinihari WIB, City tampil dominan. Di situs Liga Champions, penguasaan bola mereka lebih dari 60 persen.

The Citizens unggul lebih dulu berkat gol Sergio Aguero. Saat paruh pertama, Nabil Bentaleb membuat tuan rumah unggul dengan dua gol penaltinya. City bermain dengan 10 pemain setelah Otamendi diusir dari lapangan karena mendapat kartu kunin kedua pada menit ke-68.

Tapi, perubahan taktik Josep Guardiola membuahkan hasil Leroy Sane dan Raheem Sterling pada menit ke-85 dan ke-90. City menang 3-2.

Jalannya Pertandingan

Schalke unggul 2-1 saat babak pertama. Tim tuan rumah ketinggalan dulu pada menit ke-18. Aguero yang membobol gawang yang dikawal oleh Ralf Faehrmann.

Tim asuhan Domenico Tedesco itu membalas lewat dua gol penalti. Bentaleb mencetaknya pada menit ke-38 dan ke-45.

Penalti pertama karena handball Otamendi. Hukuman tendangan 12 pas kedua akibat Fernandinho menarik Salif Sane.

City melepaskan tembakan pada menit ke-52. Tendangan Aguero bisa ditahan kiper Schalke, Faehrmann.

City kian dalam keadaan terjepit pada menit ke-69. Otamendi mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Guido Burgstaller.

Defisit satu pemain langsung direspons Josep Guardiola dengan memasukkan pemain belakang, Vincent Kompany menggantikan David Silva pada menit ke-70.

Tendangan bebas Kevin De Bruyne pada menit ke-74 cuma membuahkan tendangan sudut. Peluang lewat corner kick bisa diantisipasi pemain belakang tim tuan rumah.

Percobaan Bernardo Silva pada menit ke-77 melesat! Dia sempat meliuk-liuk mengecoh beberapa pemain belakang Schalke sebelum melepaskan tembakan.

Sane mencetak gol penyeimbang untuk City. Tendangan bebas langsungnya pada menit ke-85 sukses bersarang ke gawang Schalke. Dia tak melakukan perayaan, karena menghormati mantan klubnya.

City membalik keadaan pada menit-menit akhir. Long pass Ederson diselesaikan oleh Sterling. Pemain nomor punggung tujuh itu bisa melepaskan diri dari jebakan offside untuk menaklukkan Fahrmann. Di sisa laga tak ada gol tambahan, City menang 3-2 dengan sedikit bumbu keributan di masa injury time.

Susunan Pemain

Schalke: Fahrmann, Nastasic, Bruma, Sane, Oczipka, Bentaleb, McKennie (Skrzybski 77), Caligiuri, Mendyl (Burgstaller 65), Serdar, Uth (Harit)

Man City: Ederson, Walker, Laporte, Otamendi, Fernandinho, Gundogan, De Bruyne (Zinchenko 87), Silva (Kompany 70), Bernardo, Sterling, Aguero (Sane 78). (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE