Liga Champions: Tottenham Bungkam Dortmund 3-0

London – Tottenham Hotspur membungkam Borussia Dortmund di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. The Lilywhites menang meyakinkan dengan skor 3-0.

Bertanding di Stadion Wembley, Kamis (14/2) dini hari WIB, kedua tim bermain imbang di babak pertama. Sama-sama menekan, Tottenham dan Dortmund tak mampu melesakkan gol.

Peluang pertama diciptakan tuan rumah pada menit ketujuh. Lucas Moura melepaskan tendangan voli ke gawang Dortmund, namun arah bolanya masih melenceng.

Dortmund gantian membalas tekanan di menit ke-20. Gelandang Axel Witsel juga menebar ancaman lewat sepakan ke gawang Tottenham, namun bolanya bisa diredam Hugo Lloris.

Bacaan Lainnya

Pada menit ke-34, Tottenham kembali mengancam. Cristian Eriksen melepaskan sepakan first time, memanfaatkan umpan tarik Juan Foyht dari sisi kanan, namun bolanya melayang ke atas gawang Dortmund.

Semenit berselang, gantian Dortmund balas menekan. Kali ini melalui Thomas Delaney, di mana sepakan sang gelandang masih bisa ditepis Lloris.

Di menit-menit akhir, Dortmund punya peluang lewat aksi Dan-Axel Zagadou. Sundulannya yang mengarah ke gawang Tottenham masih bisa digagalkan Lloris. Hingga babak pertama tuntas, skor kacamata masih bertahan.

Babak kedua digelar, Tottenham langsung membuat kejutan. Mereka mampu mencetak gol saat laga baru semenit dilanjutkan.

Adalah Heung-Min Son yang membawa Tottenham unggul 1-0 dari Dortmund. Memanfaatkan crossing Jan Vertonghen dari sisi kiri, pemain Korea Selatan itu tanpa pengawalan menyontek bola masuk ke gawang Roman Buerki.

Tertinggal 1-0 membuat Dortmund coba menekan Tottenham. Namun barisan belakang tuan rumah cukup disiplin menjaga wilayahnya.

Saat Dortmund kesulitan, Tottenham bisa memperbesar keunggulannya pada menit ke-83. Jan Vertonghen yang merobek gawang Buerki, usai meneruskan crossing Serge Aurier dari sisi kanan. Sontekannya di mulut gawang tak mampu dibendung Buerki. Tuan rumah unggul 2-0.

Tiga menit berselang, Tottenham mencetak gol ketiganya. Kali ini, Fernando Llorente yang baru masuk menggantikan Lucas Moura, ikutan mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan umpan sepak pojok yang dilepaskan Eriksen. Tottenham unggul 3-0.

Di sisa waktu pertandingan, tidak ada gol balasan mampu diciptakan Dortmund. Kemenangan 3-0 untuk The Lilywhites bertahan hingga laga tuntas. Ini menjadi modal penting Tottenham saat gantian melawat ke Signal Iduna Park pada 6 Maret mendatang.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Davinson, Foyth, Alderweireld, Aurier, Sissoko (Wanyama 90′), Winks, Vertonghen, Eriksen, Son (Lamela 90), Moura (Llorente 85′)

Borussia Dortmund: Buerki, Diallo, Zagadou (Schmelzer 77′), Toprak, Hakimi, Delaney, Witsel, Pulisic (Larsen 87′), Dahoud, Sancho (Guerreiro 88′), Goetze. (mb/detik)

Pos terkait