Liga Europa: Chelsea Tundukkan Malmo 2-1

Metrobatam, Jakarta – Chelsea pulang dengan hasil bagus dari lawatan ke Malmo FF. Kemenangan 2-1 dipetik The Blues berkat gol Ross Barkley dan Olivier Giroud.

Chelsea melawat ke Swedbank Stadium, Jumat (15/2/2019) dinihari WIB di laga leg pertama babak 32 besar Liga Europa. Dalam pertandingan ini, Chelsea tak menurunkan Eden Hazard, N’Golo Kante, dan Gonzalo Higuain sebagai starter.

Meski demikian, Chelsea menunjukkan tetap superior atas sang lawan. Dalam 90 menit, Chelsea mencatatkan 73% penguasaan bola, melepaskan 11 tembakan di mana empat mengarah ke gawang.

Sementara tuan rumah punya 15 percobaan, hanya dua yang on target. Selepas kick-off, Chelsea langsung berupaya menguasai jalannya pertandingan.

Bacaan Lainnya

Setelah sejumlah peluang diredam tuan rumah, Chelsea mendapatkan gol di menit ke-30. Berawal dari umpan silang Pedro Rodriguez, Lasse Nielsen gagal menghalau bola yang mengarah ke Ross Barkley.

Barkley dengan mudah mengecoh Johan Dahlin dan membawa Chelsea unggul 1-0.

Malmo merespons dengan meningkatkan tempo pertandingan. Pada menit ke-35 tuan rumah mendapat peluang melalui tembakan jarak jauh Fouad Bachirou, yang masih sedikit melambung di atas gawang Chelsea.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan Malmo. Tapi peluang-peluang yang dibuat Anders Christiansen dan Markus Rosenberg mampu diblok pemain-pemain Chelsea. Babak pertama berakhir 1-0 untuk The Blues.

Pada awal babak kedua, Malmo langsung mencoba menyerang Chelsea. Pada menit ke-55, mereka mendapat kesempatan.

Arnor Ingvi Traustason mendapatkan ruang, lalu melakukan sepakan voli keras. Namun, David Luiz menghalau dengan kepalanya.

Sial bagi Malmo, tiga menit kemudian serangan balik Chelsea malah berbuah gol. Tusukan Willian dari sisi kiri berhasil dilanjutkan dengan sontekan Giroud.

Setelah gol ini, ‘Si Biru’ kembali menguasai permainan dan membuat serangan beruntun dari Giroud, Pedro, maupun Willian. Bukannya menambah gol, tim arahan Maurizio Sarri ini kecolongan.

Pada menit ke-79, Malmo berhasil memperkecil kedudukan melalui serangan balik cantik. Umpan terobosan Rosenberg diselesaikan dengan manis oleh Christiansen.

Malmo mencoba berbagai hal untuk bisa menyamakan kedudukan jelang laga berakhir. Tapi, upaya mereka tak berbuah hasil. Laga berakhir dengan kemenangan Chelsea 2-1.

Kemenangan ini menempatkan Chelsea di atas angin menatap leg kedua. Partai kedua digelar di Stamford Bridge, Jumat (22/2) mendatang.

Susunan Pemain:

Malmo: Dahlin; Safari, Bengtsson, Nielsen, Vindheim; Rieks, Bachirou, Christiansen (Gall 81′), Traustason (Lewicki 70′); Rosenberg, Antonsson (Strandberg 70′)

Chelsea: Kepa; Emerson, Christensen, Luiz, Azpilicueta; Kovacic, Jorginho (Kante 74′), Barkley; Willian (Hazard 71′), Giroud, Pedro (Hudson-Odoi 83′). (mb/detik)

Pos terkait