Manchester City Juara Piala Liga Inggris

London – Manchester City berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris 2018/2019. The Citizens menang atas Chelsea, dalam laga sampai adu penalti yang selesai 4-3.

Pertandingan di Wembley, Minggu (24/2/2019), tak ada gol hingga 120 menit. City melepaskan sebanyak 12 tembakan tiga di antaranya menemui bidang, sementara Chelsea tujuh kali mengancam tak ada yang bisa mencapai sasaran.

Laga lanjut ke babak adu kiper, dua eksekutor Chelsea, Jorginho dan David Luiz gagal. City cuma ada satu penenang gagal, Leroy Sane. City berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris skor akhirnya saat tos-tosan 4-3.

Jalannya Pertandingan

Bacaan Lainnya

Chelsea vs City dalam 90 menit. Chelsea cuma melepaskan satu percobaan di babak pertama, itu juga tak menemui bidang. Sementara City empat kali menembak, satu tepat sasaran.

Percobaan City yang tepat sasaran dicatatkan oleh Nicolas Otamendi pada menit ke-43. Bolanya merupakan hasil umpan Oleksandr Zinchenko.

Selepas restart, City mendapatkan peluang pada menit ke-48. Tendangan Fernandinho masih jauh di atas mistar.

Sama halnya dengan dengan sundulan Otamendi meneruskan umpan sepak pojok Kevin De Bruyne pada menit ke-56. Bolanya masih menyamping.

N’Golo Kante mengancam City pada menit ke-66. Eden Hazard melakukan penetrasi dari sayap kiri lalu melepaskan umpan tarik, Kante melepaskan tendangan keras yang masi melambung.

Chelsea memanfaatkan lebar lapangan. Willian bisa mengontrol bola daerah, lalu mengumpan ke Ross Barkley. Eksekusi terakhirnya pada menit ke-71 masih melesat.

Antonio Ruediger dikartu kuning pada menit ke-73. Dia melakukan pelanggaran pada David Silva di muka kotak penalti Chelsea. Tendangan bebas di eksekusi Kevin De Bruyne, arahnya masih jauh dari sasaran.

Oleksandr Zinchenko melakukan intersep krusial. Dia menghalau umpan tarik Pedro agar tak ke muka gawang City.

Tendangan keras David Luiz pada menit ke-87 belum membuahkan hasil. Bolanya juga berhasil diblok barisan pemain belakang tim Manchester biru.

Ederson membukukan penyelamatan untuk City pada menit-menit akhir. Tendangan bebas Willian bisa ditip keluar lapangan.

City ditinggal Fernandinho di masa injury time. Dia tampak kesakitan saat meninggalkan lapangan. Tak lama kemudian laga selesai. Dalam 90 menit belum ada gol, babak tambahan pun digelar.

Pada babak tambahan, City mendapat peluang pada menit ke-93. Sepakan Ilkay Guendogan masih melesat.

Percobaan Chelsea pada menit ke-101 belum tepat sasaran, Jorginho yang melakukan percobaan. Dua menit berselang, Hazard yang gagal mengarahkan bola ke gawang.

Aguero melepaskan tembakan pada menit ke-117, juga belum menjadi gol.

Chelsea mengganti pemain pada menit ke-120. Tapi, Kepa Arrizabalaga menolak diganti oleh Maurizio Sarri. Willy Caballero sudah bersiap di sisi lapangan. Manajer asal Italia itu sempat meninggalkan lapangan, lalu kembali ke muka bangku cadangan. Laga akhirnya berlanjut ke babak tambahan.

Chelsea pertama mengambil penalti, tendangan Jorginho ditepis Ederson. City unggul usai Guendogan menjaringkan bola. Cesar Azpilicueta bisa menyamakan kedudukan.

Aguero menjadi eksekutor kedua City, nyaris gagal. Kepa sudah melakukan antisipasi tepat, tapi bola tetap masuk ke gawang. Emerson, penendang ketiga Chelsea, kembali membuat skor menjadi 2-2.

Leroy Sane! Tendangannya ditepis Kepa, skor tetap 2-2. David Luiz menjadi penendang keempat Chelsea, tendangannya membentur tiang.

Bernardo Silva membawa City unggul 3-2. Eden Hazard penendang kelima City, dengan sukses menyamakan kedudukan 3-3. Raheem Sterling Memastikan City menjadi juara. Penaltinya berhasil, City menang 4-3.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa; Azpilicueta, David Luiz, Rüdiger, Emerson; Kanté, Jorginho, Barkley (Loftus-Cheek 89); Willian (Higuain 95), Hazard, Pedro (Hudson Odoi 79)

Man City: Ederson, Zinchenko, Laporte(Kompany 46), Otamendi, Walker, Fernandinho, Silva (Guendogan 79), De Bruyne (Sane 86), Bernardo, Sterling, Aguero. (mb/detik)

Pos terkait