Metrobatam, Cirebon – Cawapres 01 Ma’ruf Amin menegaskan sosialisasi ‘Jokowi menang kawin sejenis sah’ di Karawang hoaks. Ma’ruf menyatakan akan mengerahkan emak-emak untuk menangkal berita bohong.

“Itu hoaks. Bahwa itu (larangan azan dan nikah sesama jenis) tidak mungkin. Jokowi sangat hormat dengan ulama,” kata Ma’ruf kepada awak media usai istigasah kubra di lapangan bola Babakan Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jabar, Senin (25/2/2019).

Ma’ruf mengaku akan terus melawan penyebaran berita bohong. Ia akan mengerahkan emak-emak untuk mengampanyekan bahaya hoaks dan pemilu damai.

“Kemarin kita kumpulkan ibu-ibu muslimat bersatu di Istora. Mereka paham soal hoaks, mereka akan mengampanyekan bahaya hoaks secara door to door. Ini harus dilawan,” katanya.

Ma’ruf tak menampik masyarakat masih terpancing untuk ikut menyebarkan hoaks, khususnya ibu-ibu. “Ibu-ibu rumahan yang rentan. Ada juga yang sudah cerdas, saya kira tak akan terprovakasi,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutan di acara istigasah kubra, Ma’ruf juga sempat menjelaskan tentang sikap Jokowi terhadap ulama. Dipilihnya Ma’ruf sebagai pendamping Jokowi diklaim sebagai bukti kecintaan Jokowi terhadap ulama.

“Bisa saja Pak Jokowi memilih bukan ulama, bisa tentara, polri, profesional, politisi bisa, atau pengusaha. Tapi beliau tidak memilih mereka. Ini penghormatan bagi ulama,” kata Ma’ruf.

Selain itu, Ma’ruf juga mengatakan banyak hoaks yang dituduhkan ke Jokowi, seperti penghapusan pelajaran agama di sekolah, pembubaran departemen agama, pelarangan azan, nikah sesama jenis.

“Itu semua bohong. Hoaks itu tsunami teknologi, lebih bahaya dari tsunami air. Kalau tsunami air bahanya di wilayah itu saja, seperti Palu, Lombok, Banten Selatan dan lainnya. Tapi hoaks bahayanya bisa seluruh Indonesia, bahkan dunia,” kata Ma’ruf.

Lebih lanjut Ma’ruf optimistis perolehan suara di Jabar melebihi dari target. “Semakin optimis. Kemarin saya bilang asal menang. Sekarang saya bilang lebih dari menang. Target bisa 70 persen. Karena hari-hari ini trennya itu naik untuk di Jabar, Alhmadulillah,” kata Ma’ruf

Ma’ruf mengaku masyarakat Jabar selalu menyambutnya ataupun Jokowi dengan antusiasme yang tinggi. Rencananya, dalam lima hari kedepan, Ma’ruf akan berkeliling di Jabar. “Hari ini di Cirebon, besok di Kuningan, kemudian Banjar, terus Pangandaran dan Ciamis. Terus ke Jateng,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf mengaku sejumlah daerah di Jabar masih belum tersentuh. Untuk itu, lanjut dia, timnya akan terus menggenjot kampanye di Jabar.

“Nanti ada yang lain juga, yang berkunjung di Jabar. Ada Pak Jokowi, ada tim lainnya. Kita bisa meraba, apalagi Cirebon, Insya Allah lah kuat sekali,” tandasnya. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE