Sah, Khofifah Resmi Jadi Gubernur Jawa Timur

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2024.

Selain Khofifah dan Emil, Jokowi juga melantik Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2).

Pelantikan Khofifah-Emil serta Fachrori tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 2/P Tahun 2019 dan Keputusan Presiden Nomor 16/P Tahun 2019.

Jokowi lantas menanyakan kesediaan mereka bertiga sebelum diambil sumpah secara agama Islam.

Bacaan Lainnya

“Terlebih dahulu saya akan bertanya, apakah suadara-saudara, bersedia kah mengucapkan sumpah menurut agama Islam?” kata Jokowi. “Bersedia,” ujar mereka bertiga kompak.

Jokowi kemudian meminta Khofifah-Emil serta Fachrori mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dirinya bacakan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar RI 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Jokowi yang diikuti mereka bertiga.

Selepas pembacaan sumpah, Khofifah, Emil, dan Fachrori menandatangani berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah.

Turut hadir dalam pelantikan ini para Menteri Kabinet Kerja, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Selain itu Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Kemudian Ketua MPR Zulkifli Hasan, Mahkamah Agung Hatta Ali, Jaksa Agung M. Prasetyo, Wakapolri Komisaris Jenderal Ari Dono, Ketua DPD Oesman Sapta Odang,

Selain itu Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin, Ketua OJK Wimboh Santoso.

Tampak hadir juga Ketua Umum PPP Romahurmuzy, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, serta mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (mb/detik)

Pos terkait