Sempat ‘Terbang’ Terbawa Tsunami Palu, Kapal TNI AL Kini Melaut Lagi

Metrobatam, Jakarta – KAL Andau I.6-18 yang terhempas ke daratan akibat tsunami Palu, Sulteng, pada September 2018 lalu berhasil ditarik ke laut. Kini, kapal tersebut sudah berada di dermaga Lanal Palu.

“Untuk menarik kembali Kal Andau ke laut, kami membuat Kanal menuju ke Laut dengan dibantu alat berat berupa ekskavator dan Kapal Tugboat, penurunan serta penarikan pun dilaksanakan sore hari di mana air laut berada pada posisi air pasang dengan tidak merobohkan rumah yang menempel dengan buritan kal Andau ini”, ujar Letkol Laut (E) Daymon, dalam siaran pers dari Dispenlantamal kepada detikcom, Rabu (20/2/2019).

Read More

Dia mengatakan, TNI AL akan melaksanakan pengecekan terhadap kondisi KAL Andau tersebut agar bisa beroperasi. Dia dan timnya akan mengecek apa saja kerusakan kapal tersebut.

“Kami akan melakukan cek fisik terhadap kerusakan yang ditimbulkan dan akan melakukan berkoordinasi dengan Lanal Palu agar segera diajukan rencana perbaikkan terhadap KAL Andau ini,” tuturnya.

Evakuasi kapal tersebut dilakukan Tim Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Alutsista TNI AL (Fasharkan) Makassar yang berjumlah 8 personel dan dipimpin langsung oleh Letkol Laut (E) Daymon. (mb/detik)

Loading...

Related posts