Barcode akan Gantikan Tanda Tangan Pejabat di Kartu Keluarga

Ilustrasi

Metrobatam.com, Batam – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil siapkan peralatan pendukung untuk menerapkan tanda tangan digital berbasis kode batang (Barcode) pada Kartu Keluarga. Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar mengatakan nantinya seluruh KK yang diterbitkan akan menggunakan barcode sebagai pengganti tanda tangan manual.

“Ini untuk mempercepat pelayanan. Setiap hari 1.000-1.500 KK yang bisa saya tanda tangani. Padahal pengajuan lebih banyak dari itu. Makanya tanda tangan elektronik ini sangat dibutuhkan biar pelayanan semakin cepat,” kata Said di Sekupang, Selasa (19/3).

Read More

Menurut Said, nanti akan ada aplikasi yang digunakan khusus untuk mencetak barcode KK tersebut. Beberapa waktu lalu, ia juga telah menemui Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terkait penerapan barcode di KK ini. Menurutnya sebagian daerah sudah mulai melaksanakan tanda tangan digital ini. Dan Batam segera akan diterapkan secepatnya.

“Ada beberapa hal yang harus dibenahi. Seperti peningkatan sistem yang telah ada. Serta persiapan aplikasi untuk membuat barcode. Barcode-nya berisi data pejabat yang bertanggung jawab terhadap penerbitan KK tersebut. Jadi intinya memudahkan dan tahun ini akan kami terapkan,” ujarnya.

Selain penerapan tanda tangan digital, sesuai dengan edaran Kementerian Dalam Negeri, seluruh daerah harus segera menerapkan Kartu Identitas Anak (KIA). Said mengatakan untuk di Provinsi Kepulauan Riau baru satu daerah yang menerbitkan KIA. Saat ini Batam juga sedang dalam tahap persiapan.

“Kami lagi persiapan juga untuk KIA ini. Untuk KTP-el mudah-mudahan bisa selesai tahun ini. Jumlah yang belum dicetak juga tidak sedikit. Kami sudah koordinasi dengan pusat untuk tambahan blangko,” tutur Said. (Mb/MCBatam)

 

Loading...

Related posts