4 Pesawat Tempur TNI AU Latihan di Langit Kepri

Metrobatam, Batam – Sebanyak empat unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak yang dilengkapi dengan persenjataan rudal pinter jenis Maverick milik TNI Aangkatan Udara (AU) mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (18/3/2019). Kehadiran pesawat TNI AU itu untuk melaksanakan Latihan Maverick.

Komandan Lanud (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kolonel Pnb Elistar Silaen menyambut kedatangan empat pesawat tempur yang dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb Supriyanto. Dalam briefing tertutup yang ada di Ruang VIP Bandara Hang Nadim, Elistar mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat untuk mengutamakan faktor keamanan, serta memperhatikan keselamatan terbang dan kerja dalam pelaksanaan latihan tersebut.

“Latihan yang merupakan simulasi operasi udara di atas wilayah Kepulauan Riau tersebut akan dilaksanakan selama empat hari ke depan mulai tanggal 18- 22 Maret 2019,” kata Elistar.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi Lanud RHF Mayor Lek Wardoyo menjelaskan kegiatan tersebut akan dibagi dalam beberapa jenis latihan, di antaranya latihan Maverick, latihan terbang day and night, latihan transisi hingga terbang provisiensi. “Ada juga pengamanan patrol udara secara bersama-sama,” kata Wardoyo.

Bacaan Lainnya

Selain latihan terbang, dalam kegiatan tersebut akan diadakan sesi Open Base/Static Show untuk masyarakat umum yang direncakan digelar pada hari Kamis, 21 Maret 2019 mulai pukul 14.30 WIB hingga 18.00 WIB. “Dalam momen latihan ini, kami juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Kepulauan Riau untuk melihat dari dekat alutsista berupa pesawat tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Udara,” ujarnya.

Terlihat ada 4 unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 serta Helicopter SAR Puma yang akan melakukan Fly Pass beberapa kali guna meramaikan acara tersebut.

“Setelah atraksi Fly Pass, dilanjutkan dengan Open Base/Static Show, sehingga masyarakat umum bisa melihat lebih dekat dan pesawat tempur tersebut serta berinteraksi dan berfoto dengan pesawat, pilot TNI AU maupun ground team yang terkait,” terangnya.

Wardoyo mengajak seluruh masyarakat Kepri, khususnya Kota Batam untuk datang ke Apron Bandara Internasional Hang Nadim agar bisa mengenal dan melihat lebih dekat alutsista berupa pesawat tempur yang dimiliki TNI Angkatan Udara, serta berinteraksi secara langsung dengan pilot dan crew.

“Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai bentuk dan media untuk menumbuhkan rasa cinta, jiwa nasionalisme, serta bangga kepada tanah air, khususnya kepada generasi muda,” tutup Wardoyo. (mb/okezone)

Pos terkait