Metrobatam.com, Bintan – Dalam rangka memastikan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI JK) telah terdistribusi secara tepat sasaran kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Kabupaten Bintan melaksanakan spot check Kartu Indonesia Sehat (KIS) ke wilayah Kampung Gunung Lengkuas, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (13/03).

“Pada kegiatan spotcheck ini, BPJS Kesehatan turun langsung ke peserta JKN KIS segmen PBI JK yang belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL),” jelas Kepala Kantor Kabupaten Bintan, Anggriyanni Dahlan.

Anggriyanni melanjutkan, hari ini timnya telah mengunjungi sebanyak 7 (tujuh) keluarga peserta JKN KIS segmen PBI JK dan telah memastikan bahwa kartu JKN-KIS telah diterima peserta sesuai dengan data yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan.

“Tim kami melihat langsung apakah kartu JKN-KIS telah diterima peserta yang namanya sesuai dengan data yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan, dan hasil spotcheck hari ini dari total 7 (tujuh) keluarga yang dikunjungi, seluruhnya telah menerima kartu JKN-KIS namun memang belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat,” tambah Anggriyanni.

Anggriyanni menambahkan, pada saat spot check tim akan mengedukasi peserta tentang program JKN-KIS serta hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS.

“Tentu di lapangan akan ada banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang dikunjungi, dan tim kami akan memberikan penjelasan kepada peserta, sehingga peserta dapat benar-benar memahami program JKN-KIS ini,” lanjut Anggi.

Anggriyanni melanjutkan, kegiatan spot check kartu JKN-KIS segmen PBI JK ini akan terus dilanjutkan ke daerah di wilayah Kabupaten Bintan lainnya.

Salah satu warga yang menjadi sasaran spot check hari ini adalah Riayati (47), warga Kampung Gunung Lengkuas Kelurahan Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur. Karyati mengungkapkan rasa syukurnya menjadi seorang peserta JKN-KIS.

“Sekarang kesehatan saya dan keluarga saya sudah dijamin oleh Negara, saya sangat bersyukur. Ini merupakan bukti bahwa negara peduli dengan masyarakatnya terutama masyarakat yang kurang mampu seperti saya dan keluarga saya. Tentu program ini sangat bermanfaat dan semoga program ini tetap berkelanjutan,” tutup Riayati. (Budi Mb)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE