Metrobatam.com, Tanjungpinang – Bank sampah Tanjungpinang yang dinaungi oleh koperasi Mitra Teknik Mandiri membangun sistem bank sampah yang terintegrasi.

Hari ini, 14 maret 2019 tim Bank Sampah Tanjungpinang sedang menjalankan salah satu program unggulan tentang penanganan sampah non ekonomis yaitu workshop Ecobrick di SMPN 16 Tanjungpinang.

Aksi sosial dan peduli lingkungan, seperti saling belajar dan berbagi antara Bank Sampah Tanjungpinang kepada Siswa-Siswi SMPN 16 Tanjungpinang disambut sukaria. Dalam kegiatan kali ini Bank Sampah Tanjungpinang memberikan pelatihan serta pemahaman apa dan mengapa ecobrick, manfaat dan cara pembuatannya kepada Siswa-siswi SMPN 16 Tanjungpinang.

Ecobrick merupakan salah satu solusi terbaik saat ini untuk mengurangi sampah plastik non ekonomis.

Penanganan sampah plastik non ekonomis menjadi ecobrick bertujuan lebih kapada edukasi pertanggung-jawaban dari masing masing individu terhadap sampah terproduksi. “Saya bertanggung-jawab atas sampahku sendiri”

Manfaat dari Ecobrik itu sendiri sangat luarbiasa kreatif, dapat disulap menjadi perangkat-perangkat penunjang kegiatan sehari-hari seperti kursi, meja, taman, dan bahkan tembok bangunan dan masih banyak manfaat lainnya, Jelas Ketua Bank Sampah Tanjungpinang, Hindra Atmaja, S.Kom, QLt, SBs, CHt, CI. Dan tim nya

Hal ini disampaikan Hindra Atmaja, S.Kom, QLt, SBs, CHt, CI, selaku ketua Bank Sampah Tanjungpinang, hadirnya Bank sampah Tanjungpinang bukanlah hal baru, namun Bank Sampah yang dikelolanya justru memberikan sistem dan manfaat yang lebih bagi nasabah (siswa, guru, masyarakat dan lingkungan), Bank Sampah Tanjungpinang hadir sebagai wadah edukasi dan tempat menabung, sampah pilahan yang ditabung ditukar dengan nominal uang dengan harga yang sudah ditentukan dan dapat ditukar dengan produk/jasa yang sudah disiapkan oleh Koperasi MTM.

Bank sampah Tanjungpinang saat ini mulai menangani Sampah-sampah terproduksi dan terpilah seperti, sampah rumah tangga, dan sampah sejenis rumah tangga.

Tiga manfaat utama dengan dijalankannya sistem Bank Sampah Terpadu yang dimaksud,
Pertama manfaat sosial, Kedua manfaat lingkungan, dan ketiga manfaat secara ekonomis dan bahkan dapat berperan sebagai lembaga penguat ekonomi masyarakat,

Harapan dengan adanya bank sampah ini, Aspek lingkungan terpelihara dengan baik,
Tumbuhnya kesadaran dan tanggungng jawab dari masing-masing individu terhadap sampah terproduksi. Optimalisasi TPS-3R sebagai sarana Bank Sampah Unit serta Peremajaan TPA.

Kepada masyarakat Tanjungpinang kami menghimbau untuk membangun bank sampah di masing-masing lingkungan atau masing-masing RT/RW, Dengan begitu tidak ada lagi sampah-sampah yang dibuang ke tong sampah.

Selain itu harapan kami agar pihak terkait bersedia menunaikan kewajibannya dalam menyediakan lahan, gedung, sarana dan prasarana bank sampah termasuk armada pengangkutan, sesuai yg diamanatkan dalam undang-undang dan Perpres. (Budi Mb)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE