Metrobatam, Jakarta – Siti Aisyah, yang dibebaskan dari dakwaan pembunuhan Kim Jong Nam di Malaysia, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Begitu bertemu, Siti langsung mencium tangan Jokowi.

Pertemuan berlangsung di Ruang Credential Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pukul 14.25 WIB, Selasa (12/3/2019). Siti keluar dari ruang tunggu dan langsung menghampiri Jokowi.

Siti langsung meraih tangan Jokowi. Dia mencium tangan Presiden dan mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih, Pak,” kata Siti.

Tiga kali Siti mencium tangan Jokowi. Raut mukanya tampak haru saat menatap Jokowi. Matanya juga berkaca-kaca.

Siti lantas memperkenalkan keluarganya, yakni bapak, ibu, dan saudara perempuannya. Dalam pertemuan itu, orang tua Siti tampil sederhana, yakni mengenakan pakaian batik dan sandal.

Setelah bersalaman dengan Jokowi, Siti kemudian menghampiri Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Siti juga mencium tangan Retno. Dia kemudian menghampiri Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan mencium tangan menteri tersebut.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Siti Aisyah dan keluarganya masuk ke ruang utama Istana Merdeka untuk berbincang. Namun pertemuan itu dilakukan tertutup dari awak media.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga menyampaikan rasa syukur atas bebasnya Siti Aisyah dari ancaman hukuman mati atas dakwaan pembunuhan Kim Jong-Nam di Malaysia. Jokowi turut bersyukur Aisyah bisa berkumpul kembali bersama keluarga.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa Siti Aisyah sudah dapat terbebas dari ancaman hukuman yang sangat berat dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarganya, bapak, ibu dan kakaknya,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

Jokowi mengatakan pembebasan Siti adalah hasil dari proses pendampingan hukum pemerintah kepada WNI di luar negeri. Pengacara sudah mendampingi Siti sejak kasusnya bergulir.

“Ini adalah proses pendampingan hukum dari pemerintah yang sangat panjang yang sangat lama yang terus menerus antara lain lewat pengacara yang itu dilakukan sejak Siti ditangkap,” katanya.

Dia juga menegaskan, apa yang dilakukan pemerintah adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap WNI yang bermasalah di luar negeri.

“Ini adalah wujud kepedulian pemerintah terhadap warganya. Dan kemarin secara resmi pemerintah diwakili Kemenlu telah menyerahkan Siti Aisyah kepada keluarganya dan saya ucapkan selamat berkumpul Siti Aisyah dengan keluarganya,” jelas Jokowi. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE