Salam komando antara Gusti Raizal Eka Putra (kanan) usai serah terima jabatan dengan Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri yang baru, Fadjar Majardi di Kantor BI Kepri di Batam Centre, Jumat (22/3).

Metrobatam.com, Batam – Kepemimpinan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau (BI Kepri) berganti. Gusti Raizal Eka Putra ditarik ke Kantor Pusat BI di Jakarta. Posisi lama Gusti sebagai Kepala BI Kepri diisi oleh Fadjar Majardi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi BI DKI Jakarta.

Serah terima jabatan dilaksanakan di Kantor Perwakilan BI Kepri di Batam Centre, Jumat (22/3). Upacara serah terima disaksikan langsung oleh Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi.

“Pak Gusti sudah lima tahun, lima bulan, kurang tiga hari di sini. Itu yang terlama untuk pimpinan kantor perwakilan. Karena memang beliau dicintai masyarakat Kepri. Beliau rela turun ke bawah. Itulah visi BI saat ini sampai 2025 ke depan, menjadi bank sentral yang berkontribusi nyata. Dan itu sudah dilakukan Pak Gusti,” puji Rosmaya.

Ia berharap Fadjar bisa meneruskan kiprah pendahulunya yang sudah bagus. Adapun tantangan yang diberikan bagi Fadjar dari Rosmaya adalah bagaimana mengembangkan pariwisata di Kepri. Sesuai program rapat koordinasi pusat daerah, semua sektor bersinergi mendorong pariwisata.

“Potensi yang bisa digarap itu sektor jasa, pariwisata. Kepri punya Bintan, Anambas. Lalu ada camp Vietnam yang bisa kita garap. Sektor jasa ini lebih cepat hasilkan devisa daripada sektor lain. Tugas Pak Fadjar ke depan adalah pariwisata dikembangkan,” pesannya.

Rosmaya mengatakan persoalan pariwisata Indonesia adalah 3A-2P, aksesibilitas, atraksi, amenitas, promosi, dan pelaku usaha atau pembiayaan. Persoalan umumnya yaitu akses menuju tempat wisata masih susah, kurang acara sehingga lama, tinggal wisatawan masih rendah, dan kebersihan.

Permasalahan lain di pariwisata adalah pengemasan dan kurang promosi. Serta minimnya sumber pembiayaan.

“Kita punya semua, cuma packaging dan promosi yang kurang. Ini jadi tantangan kita. Lalu pembiayaan juga. Ayo kita minta perbankan untuk menggerakkan kreditnya ke arah pariwisata,” tutur Rosmaya.

Sementara itu Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyampaikan terima kasih kepada Gusti yang telah serius menangani soal inflasi dan pertumbuhan ekonomi Kepri selama ini.

“Tak hanya duduk belakang meja. Tapi turun sampai ke pelosok. Juga soal Usaha Kecil Menengah. Terakhir sama kami kemarin ikut panen udang. Jadi wajar dapat amanah karir meningkat atas keberhasilan kerjanya,” kata Nurdin.

Ia mengucapkan selamat atas jabatan yang baru. Dan Nurdin berharap Gusti tidak melupakan Kepri. Sementara kepada pejabat baru, Nurdin menyampaikan selamat datang. Ia berharap Fadjar bisa membawa ekonomi Kepri kembali menanjak.

“Kepada Pak Gusti selamat dan selamat jalan. Walau di Jakarta kami harap tetap mengawal Kepri. Kalau rindu gonggong silakan datang. Untuk Pak Fadjar selamat datang. Mudah-mudahan Allah selalu memberi petunjuk. Fadjar itu waktu matahari mulai naik, artinya ekonomi mulai menanjak pelan-pelan,” tuturnya. (MCBatam)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE