Dortmund – Tottenham Hotspur ke perempatfinal Liga Champions dengan menang agregat 4-0 atas Borussia Dortmund. Hasil itu didapat setelah menang 1-0 di leg kedua 16 besar.

Dortmund menjalani tugas berat saat menjamu Tottenham di Signal Iduna Park, Rabu (6/3/2019) dinihari WIB. Marco Reus dkk. harus mengejar defisit tiga gol.

Die Borussen banyak menciptakan peluang di babak pertama. Namun, tak ada yang berbuah gol setelah Hugo Lloris tampil oke.

Petaka datang ke Dortmund di awal babak kedua. Tottenham mencetak gol lewat Harry Kane. Dortmund gagal melesakkan satu pun gol di sisa waktu dan laga tuntas dengan skor 1-0.

Hasil ini mengantarkan Tottenham ke perempatfinal dengan agregat 4-0, setelah pada pertemuan pertama menang 3-0.

Jalannya Pertandingan

Ancaman pertama dari Dortmund datang pada menit keenam. Jadon Sancho mengirim umpan silang dari sayap kanan, bola meluncur ke mulut gawang, namun Jan Vertonghen dengan sigap melakukan halauan.

Empat menit berselang Sancho dan Reus melakukan kerja sama di sisi kanan area penalti Tottenham. Sancho gagal melepas umpan tarik dengan sempurna. Bola meluncur keluar lapangan.

Peluang bagus Dortmund datang pada menit ke-22. Reus menyambar umpan tarik dari Raphael Guerreiro, yang arah bolanya masih bisa diselamatkan oleh Hugo Lloris.

Ancaman pertama Tottenham datang saat laga sudah berjalan setengah jam. Son Heung-min lepas dari posisi offside untuk kemudian berhadapan satu lawan satu dengan Roman Burki. Bola ditembak oleh Son namun arahnya masih sedikit melebar.

Dortmund mendapat empat peluang di menit ke-33. Sundulan Julian Weigl berhasil ditepis Lloris. Weigl kembali menyambar bola rebound, namun bisa diblok lawan. Dua peluang lainnya datang dari Reus dan Mario Goetze. Bola bisa diblok Moussa Sissoko dan ditepis Lloris.

Dortmund masih terus mengurung pertahanan Tottenham jelang turun minum. Bola dialirkan ke berbagai sisi untuk mencari celah masuk kotak penalti, namun tak kunjung berhasil. Babak pertama pun tuntas tanpa gol.

Dortmund kembali langsung menggedor di awal babak kedua. Paco Alcacer mengirim umpan lob ke sisi kanan area penalti Tottenham, yang disambut oleh Reus. Kapten Die Borussen itu melanjutkannya dengan umpan tarik ke mulut gawang, namun bola gagal disambar oleh rekan setimnya.

Alih-alih mencuri gol, Dortmund malah kebobolan di menit ke-48. Harry Kane lepas dari perangkap off-side setelah menerima umpan terobosan dari Sissoko. Striker asal Inggris itu lantas berlari ke kotak penalti Dortmund, sebelum melepaskan tembakan akurat ke pojok kanan gawang.

Tak ada pilihan lain untuk Dortmund selain menyerang total setelah tertinggal 0-1. Situasi ini bikin tim tuan rumah harus membalas dengan lima gol.

Christian Pulisic, yang sempat diragukan tampil karena belum fit, akhirnya dimasukkan oleh pelatih Lucien Favre. Gelandang asal Amerika Serikat itu menggantikan Guerreiro.

Perubahan pemain belum berpengaruh besar untuk serangan Dortmund. Di saat bersamaan Tottenham sangat rapat dalam bertahan.

Pulisic dapat peluang pertamanya di menit ke-75. Memanfaatkan umpan silang, Pulisic menyundul bola dalam posisi bebas. Belum menghasilkan gol setelah arah bola sedikit melayang di atas gawang.

Tottenham menumpuk sembilan pemain di sepertiga akhir wilayahnya sendiri. Kane dibiarkan menggantung sendirian di depan untuk melancarkan serangan balik.

Dortmund lebih banyak cuma mengalirikan bola dari kanan ke kiri. Mereka kesulitan melakukan tusukan setelah banyaknya pemain lawan di pertahanan. Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Tottenham berhak lolos ke perempatfinal.

Susunan Pemain:

Dortmund: Roman Burki; Marius Wolf, Manuel Akanji, Abdou Diallo, Raphael Guerreiro; Julian Weigl, Axel Witsel; Jadon Sancho, Mario Goetze, Marco Reus; Paco Alcacer.

Tottenham: Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Serge Aurier, Harry Winks, Moussa Sissoko, Ben Davies; Harry Kane, Son Heung-min. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Kominfo Rilis 23 Hoaks, Termasuk Neno Sebut Prabowo Rasul

Metrobatam, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat Subdit Pengendalian Konten Internet merilis temuan hoaks seputar Pemilu 2019 per Sabtu, 20 April 2019....

Kisah Petugas KPPS Lebak Meninggal Saat Sujud Salat

Metrobatam, Lebak - Petugas KPPS di Lebak, Banten, Jumri meninggal karena kelelahan selama proses hitung suara. Sempat izin untuk salat subuh saat penghitungan C1...

PDIP Curigai Rekomendasi Bawaslu Soal Hitung Ulang di Surabaya

Metrobatam, Surabaya - Bawaslu Surabaya merekomendasikan penghitungan suara ulang di seluruh TPS Surabaya. Menanggapi hal itu, PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menilai sikap Bawaslu...

KASN Tolak Gabung jika TPF Kecurangan Pilpres 2019 Dibentuk

Metrobatam, Jakarta - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menolak bergabung jika kedua pasangan calon presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sepakat membentuk...

Selama Pemilu 54 Petugas KPPS dan 15 Polisi Meninggal

Metrobatam, Jakarta - KPU menyebut total ada 54 petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019. Jumlah...

Caleg PDIP Ditangkap di Kasus Pembakaran 15 Kotak Suara di Jambi

Metrobatam, Sungai Penuh - Polisi menangkap 3 pelaku kasus pembakaran 15 kotak surat suara DPRD di Sungai Penuh, Jambi. 3 orang yang ditangkap 1...

Menlu Ditemui Dubes Sri Lanka, RI Siap Beri Bantuan Pascateror Bom

Metrobatam, Jakarta - Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharshana M Perera menemui Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi. Dalam pertemuan itu,...

Bawaslu Kota Tanjungpinang akan Perketat Pengawasan 5 TPS PSU

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Bawaslu Kota Tanjungpinang akan perketat proses pengawasan terhadap 5 TPS yang akan PSU (Pemungutan Suara Ulang). Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini...

Istri Almarhum Sys NS Menikah Lagi

Metrobatam, Jakarta - Penyiar senior Sys NS telah berpulang 2018 lalu. Kini, sang istri diketahui telah memutuskan untuk menikah lagi. Istri almarhum Sys NS, Shanty,...

Menkes: Boleh Bangga Punya MRT, Tapi Jangan Jadi Sarang TBC

Metrobatam, Jakarta - Penyakit menular masih menjadi ancaman di Indonesia. Tuberkulosis (TBC atau TB) merupakan salah satu dari banyak penyakit yang masih menjadi beban...

Danlantamal IV Pimpin Apel Khusus

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., memimpin pelaksanaan Apel Khusus di Lapangan...

PLN Tanjungpinang Ajak Ibu-ibu Masak Tanpa Api

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2019, PLN Tanjungpinang mengadakan lomba memasak menggunakan kompor induksi. Manajer PLN UP3 Tanjungpinang, Fauzan juga mengajak...