London – Chelsea meraih hasil positif pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa. Menjamu Dynamo Kiev, The Blues menang tiga gol tanpa balas.

Pada laga yang dihelat di Stamford Bridge, Jumat (8/3/2019) dini hari WIB, Chelsea tampil dominan dengan 59 persen ball possesion serta membuat 12 attempts, delapan on target. Kiev cuma punya satu attempts on target dari total lima.

Chelsea membuka keunggulan pada babak pertama lewat gol Pedro Rodriguez di menit ke-17. Pada babak kedua, Willian dan Callum Hudson-Odoi memperbesar kemenangan tuan rumah.

Dengan hasil ini, jalan Si Biru untuk melangkah ke perempatfinal makin lebar meski leg kedua dihelat di markas Kiev pekan depan.

Jalannya pertandingan

Chelsea bermain agresif sejak menit awal untuk menyerang pertahanan Kiev, tapi gol perdana baru hadir pada menit ke-17. Ross Barkley menyodorkan bola kepada Pedro di sisi kiri penyerangan dan dia pun merangsek ke pertahanan Kiev.

Bermain umpan 1-2 dengan Olivier Giroud, Pedro lantas menuntaskan lewat sepakan terukur ke gawang Denys Boyko. Chelsea unggul 1-0.

Meski memimpin Chelsea tetap main agresif. Pada menit ke-20, Pedro hampir bikin gol kedua ketika menyambut umpan tarik Barkley namun Boyko dengan sigap menepis bola tersebut.

Lima menit setelahnya giliran Barkley yang mengecoh bek lawan di depan kotak penalti sebelum menembak kencang tapi bola dihalau kaki Boykol

Pada menit ke-34 umpan panjang dari lini pertahanan Chelsea menemui Pedro di pertahanan Kiev. Lewat sepakan first time, bola dikirimkan ke gawang yang ditepis susah payah oleh Boyko.

Pedro lagi-lagi harus memendam hasrat mencetak gol keduanya ketika di menit ke-44, Boyko mampu menepis sepakan melengkung pemain asal Spanyol itu.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Masuk di babak kedua, Chelsea mampu menambah gol pada menit ke-65 ketika free kick Willian mampu menembus pagar hidup dan menaklukkan Boyko.

Chelsea coba menjaga intensitas serangan tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat gol tambahan sulit tercopta hingga pada menit ke-90, Hudson-Odoi membuat skor jadi 3-0.

Umpan dari Pedro dikuasai dengan baik dan usai bola menyentuh tanah, Hudson-Odoi menembak sekencang-kencangnya untuk merobek jala Boyko.

Kiev sempat punya kans di babak ini ketika kesalahpahaman di pertahanan Chelsea pada menit ke-85 nyaris membuat Sidcley menjebol gawang Kepa Arrizabalaga. Laga berakhir 3-0 untuk kemenangan Chelsea.

Susunan pemain

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Davide Zappacosta, Andreas Christensen, David Luiz, Marcos Alonso; Ross Barkley (Loftus-Cheek 62′), Jorginho (N’Golo Kante 64′), Mateo Kovacic; Pedro, Olivier Giroud, Willian (Hudson-Odoi 82′).

Dynamo Kiev: Denys Boyko, Tomasz Kedziora, Mykyta Burda, Artem Shabanov, Vitaliy Mykolenko; Serhiy Sydorchuk, Volodymyr Shepelev; Viktor Tsygankov, Mykola Shaparenko, Vitaliy Buyalskiy (Sidcley 74′); Nazariy Rusyn (D Harmash 70′). (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE