Penerjun Kopassus Pecahkan Rekor MURI Kibarkan Bendera Besar

Metrobatam, Bandung Barat – Rekor pengibaran bendera terbesar saat terjun bebas pecah di acara puncak upacara penutupan Para Dasar Akmil TA 2019 di Lanud Suparlan, Pusdiklatpass Kopassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/3/2019).

Dalam pelaksanaannya 17 penerjun dari Kopassus terjun dari ketinggian lima ribu kaki. Tiga di antaranya masing-masing membawa bendera Merah Putih, bendera merah Kopassus dan bendera hijau Akademi Militer berukuran 6×9 meter.

Pantauan Detikcom, belasan penerjun tersebut mulai membentuk formasi dan membentangkan bendera dari ketinggian 5000 – 8000 kaki. Dengan sigap, dalam waktu 10 detik tim penerjun mengembangkan payung masing-masing.

Penerjun Kopassus Pecahkan Rekor MURI Kibarkan Bendera BesarFoto: Yudha Maulana

Bacaan Lainnya

Penyerahan plakat rekor MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI Awan Rahargo kepada Komandan Jenderql (Danjen) Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dan pemimpin regu Kolonel Inf Yudha Erlangga.

“Saya bangga dengan perolehan rekor ini, karena hal ini hanya bisa dilaksanakan oleh para prajurit yang terlatih, karena dia harus bisa berpikir tenang dalam kondisi yang ekstrem,” ujar I Nyoman.

I Nyoman yakin dengan kemampuan prajuritnya, bukan tak mungkin Kopassus bisa menjangkau daerah-daerah yang ekstrem. “Misal masuk ke daerah yang terdampak bencana, Kopassus bisa terjun membawa tandem dokter atau obat karena sulitnya akses transportasi,” ujarnya. (mb/detik)

Pos terkait