Setelah Sedekade, Semifinal Liga Champions Tanpa Bayern dan Madrid

Munich – Tak ada Bayern Munich maupun Real Madrid di semifinal Liga Champions musim ini. Ini untuk pertama kalinya dalam sedekade terakhir, kedua tim tidak lolos ke fase itu.

Madrid lebih dulu masuk kotak setelah kekalahan 1-4 dari Ajax Amsterdam di Santiago Bernabeu pekan lalu pada leg kedua babak 16 besr. Hasil ini juga menghentikan hegemoni Madrid di kompetisi ini setelah tiga tahun beruntun keluar jadi juara.

Sepekan setelahnya raksasa lain menyusul tersingkir. Kali ini giliran Bayern yang disingkirkan sesama raksasa Eropa Liverpool dengan agregat total 1-3. Bermain imbang 0-0 di leg pertama, Die Roten tumbang dengan skor 1-3 di Allianz Arena, Kamis (14/3/2019) dinihari WIB.

Dilansir dari Independent, untuk pertama kalinya dalam sedekade terakhir, tak ada salah satu di antara Madrid dan Bayern di semifinal Liga Champions. Terakhir kali semifinal tidak melibatkan dua raksasa itu adalah musim 2008/2009.

Bacaan Lainnya

Saat itu Barca jadi juara usai mengalahkan Manchester United di final dengan skor 2-0. Dua semifinalis lainnya di musim itu adalah Chelsea dan Arsenal. Setelah tahun itu, baik Madrid ataupun Bayern selalu ada di semifinal sejak 2011.

Tersingkirnya Bayern juga jadi prestasi buruk untuk Bundesliga karena untuk pertama kalinya dalam 13 tahun terakhir, tak ada klub dari liga itu yang lolos ke perempatfinal. (mb/detik)

Pos terkait