Viral Kotak Suara Diangkut Mobil Sampah, KPU Makassar Beri Penjelasan

Metrobatam, Makassar – Beredar foto kotak suara di Makassar diangkut oleh mobil bak sampah. KPU Makassar menjelaskan alasannya.

Pada gambar yang beredar, kotak suara itu diangkut diangkut mobil bak sampah milik Pemerintah Kota Makassar. Hal ini dilihat dari ciri khas mobil bak sampah dengan tulisan “Makassar ta tidak rantasa” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Makassar tidak kotor”.

Komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar membenarkan pihaknya meminta bantuan mobil bak besar untuk distribusi kotak suara ke kecamatan se-Makassar.

“Iya, ini adalah bagian dari koordinasi distribusi kami. Mobil tangkasa itu kami pakai dalam keadaan bersih. Selain bersih, juga dilapisi dengan plastik di bawahnya,” kata Gunawan saat dikonfirmasi di Makassar, Senin (25/3/2019).

Bacaan Lainnya

Tidak hanya melibatkan mobil bak sampah, KPU Makassar juga menggunakan mobil inflasi untuk distribusi kotak suara. Tujuannya adalah agar distribusi logistik berlangsung cepat. “Selain mobil tangkasa, kami juga dibantu pemkot menggunakan mobil inflasi,” ungkapnya.

“Intinya kami berusaha semaksimal mungkin logistik terdistribusi dengan cepat ke kecamatan,” Imbuhnya.

Namun dia menegaskan, surat suara tidak akan diangkut menggunakan mobil bak sampah. “Baru kotak suara, surat suara belum. Kalau surat suara tidak akan didistribusikan pake mobil tangkasa,” tambah Gunawan.

Kotak suara di foto yang beredar, kata Gunawan, rencananya akan didistribusikan menuju Kecamatan Tamalate. Jumlahnya ada 2.800 kotak suara.

“Kotak suara yang kami distribusikan untuk Tamalate sekitar 2.800-an. Sesuai dengan kebutuhan,” tutupnya. (mb/detik)

Pos terkait