Metrobatam.com, Tanjungpinang – Pelaksanaan berbagai perlombaan yang dilaksanakan oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Tanjungpinang Barat sangat diapresiasi oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP dan Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul. Hal ini disampaikan saat menghadiri kegiatan tersebut di Halaman Kantor Camat Tanjungpinang Barat, Sabtu (30/3).

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh PKK Kecamatan Tanjungpinang Barat. Menurutnya, PKK harus turut berkontribusi dalam pembangunan daerah yang dimulai dari keluarganya sendiri. “PKK telah teruji keberadaannya, telah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat, untuk itu teruslah berkontribusi dalam pembangunan daerah yang dimulai dari keluarganya sendiri,” ujarnya.

Rahma juga mengutarakan rasa kagumnya kepada para kaum ibu yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti lomba terlebih para lansia yang dengan penuh semangat mengikuti lomba senam lansia. “Saya sangat kagum dan salut dengan para kaum ibu yang telah membagi waktu untuk kegiatan PKK dan keluarga, terlebih saya kagum melihat para lansia yang mengikuti senam dengan semangat, ini patut ditiru dan dicontoh semangatnya,” lanjut Rahma.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah mengatakan kiprah PKK baik di kelurahan dan kecamatan sudah sangat baik dan perlu diapresiasi. Menurutnya, dedikasi para kader di berbagai wilayah sangat luar biasa. Banyak warga yang terbantu dengan program-program PKK, terutama para perempuan. “Perempuan itu adalah tiangnya negara, jadi kalau tiangnya kokoh, maka negara pun akan kokoh,” ungkap Juwariyah.

Salah satu dedikasi perempuan melalui PKK adalah membina keluarga, mulai dari sisi pendidikan anak, keharmonisan rumah tangga, hingga soal perekonomian keluarga. Para kader terus memberikan aktivasi agar para perempuan menjadi lebih cerdas dan berdaya.

Sebagaimana diketahui, PKK memiliki 10 Program Pokok PKK yang harus diwujudkan, yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pandang, sangan, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan sehat. Kesepuluh program itulah yang menjadi tugas utama Tim Penggerak PKK. “Prinsipnya, gerakan ini lahir dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat, untuk itu marilah kita dukung dan laksanakan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Ia ingin PKK dapat menjadi motor penggerak kegiatan sehingga tak hanya berhadapan dengan urusan-urusan wajib yang rutin. Juwariyah juga berharap PKK dapat menjadi inovator dalam memberikan mensejahterakan keluarga dan masyarakat sekitarnya. “Saya berharap PKK bisa menjadi motor penggerak dalam rangka menghadirkan peradaban, karena peradaban ini juga bisa seperti ini salah satunya atas perjuangan yang dilakukan oleh perempuan,” katanya.

Maka dari itu, ia percaya bahwa PKK Kota Tanjungpinang dapat menjadi organisasi mitra pemerintah dalam menguatkan ketahanan keluarga sehingga lahirlah generasi yang unggul dan mampu berdaya saing. “Karena PKK sudah teruji, selama ini PKK pula yang memimpin perubahan peradaban di lingkungan,” tutup Juwariyah.

Diakhir acara, dilakukan peninjauan lokasi lomba B2SA dengan menu non beras dengan olahan menu makan pagi, makan siang dan makan malam untuk keluarga sesuai dengan takaran gizi untuk suami, istri dan dua orang anak. Sebelumnya juga sudah dilaksanakan lomba senam lansia yang diikuti langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP bersama para lansia dan kader PKK. (Mb/Hms)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE