Metrobatam, Jakarta – Ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) dari 22 negara di benua Eropa menggelar deklarasi dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Den Haag, Belanda, Senin (4/3) waktu setempat.

Mereka turut menargetkan keunggulan tebal bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf terhadap pesaingnya, Prabowo-Sandiaga, khususnya di Benua Eropa pada Pilpres 2019.

Koordinator Relawan dan Komunitas Indonesia Pendukung Jokowi-Ma’ruf di Eropa, Sinta Dewi menyatakan para WNI di Eropa mengaku terkesan dengan kinerja Jokowi di 4,5 tahun periode kepemimpinannya sebagai presiden.

Ia menyatakan Jokowi sangat dihormati sebagai pemimpin negara Indonesia oleh para kepala negara di seluruh negara Eropa.

“Kami merasa bangga punya Presiden Jokowi. Baru pertama kali ini negara hadir. Kalau di Eropa beliau bukan hanya dihormati oleh warga Indonesia tetapi oleh pemerintahan di negara-negara tempat kami tinggal, beliau itu juga dihargai dan dihormati,” kata Sinta dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (5/3).

Lebih lanjut, Sinta menegaskan bahwa banyak WNI di Eropa terkesan dengan berbagai prestasi yang ditorehkan Jokowi saat ini ketimbang presiden sebelumnya.

Salah satunya, kata dia, Jokowi turut mengembangkan tenaga surya untuk mengganti penggunaan energi fosil. Tak hanya itu, ia menilai jaminan kesehatan dan pendidikan juga cukup dirasakan masyarakat yang tinggal di Eropa.

“Jadi kami mendukung dan ingin sekali Pak Jokowi itu terus melanjutkan semua. Kami juga sangat suka kalau Pak Jokowi memimpin kembali dan melihat kebijakan dan profilnya presiden yang toleran, presiden yang seperti yang kami harapkan dalam kepemimpinan,” kata dia.

Ditempat yang sama, Ketua Cakra 19 Andi Widjajanto menilai latar belakang dukungan yang diberikan para diaspora Indonesia di Eropa adalah capaian program Nawacita Jokowi di periode pertama.

Tak hanya itu, Andi menyatakan para diaspora Indonesia turut memberikan masukan untuk program Nawacita jilid II bagi Jokowi-Ma’ruf bila terpilih di Pilpres 2019.

“Mereka juga memberikan masukan-masukan untuk nawacita kedua. Terutama untuk kepentingan mereka sebagai WNI yang tinggal di Eropa. Jadi mereka melihat prestasi Pak Jokowi lengkap, mulai dari pemberantasan kemiskinan di desa sampai lompatan teknologi di Indonesia,” kata Mantan Seskab, Kabinet Kerja itu.

Lebih lanjut, Andi turut menargetkan Jokowi-Ma’ruf mampu menang tebal di Eropa pada Pilpres 2019. Selain itu, ia menyatakan WNI turut berharap agar Jokowi lebih kuat menjalankan programnya.

“Agar tidak terjadi seperti di negara negara Eropa. Tiba-tiba ada kelompok kelompok politik yang masuk lewat proses demokrasi tapi menggunakan cara-cara nondemokratis, berusaha membongkar fondasi-fondasi negara itu yang mereka tidak inginkan,” kata dia.(mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE