Menang Dramatis atas Tottenham, Liverpool Puncaki Klasemen Liga Inggris

Liverpool – Liverpool meraih kemenangan dramatis atas Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris. Liverpool diuntungkan dengan gol bunuh diri untuk memenangi laga 2-1.

Pada pertandingan di Anfield, yang rampung Senin (1/4/2019) dinihari WIB, Si Merah unggul lebih dahulu lewat gol Roberto Firmino di babak pertama. Tottenham menciptakan gol balasan dari Lucas Moura di babak kedua untuk menyeimbangkan permainan.

Liverpool memastikan kemenangannya tepat di akhir waktu normal. Bola hasil sundulan Mohamed Salah yang ditepis justru menyentuh Toby Alderweireld sehingga masuk ke gawang Tottenham.

Dengan hasil ini, Liverpool merebut kembali puncak klasemen dari Manchester City. The Reds mengoleksi 79 poin hasil 32 pertandingan, unggul dua poin dari City di posisi kedua tapi memainkan laga lebih sedikit.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Tottenham tetap di urutan ketiga dengan mengantongi 61 poin, sama dengan Manchester United di bawahnya. Spurs memungkinkan tergusur apabila Arsenal bisa mengalahkan Newcastle United, Selasa (2/4) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Liverpool dan Tottenham langsung saling serang sejak menit-menit awal. Mohamed Salah melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti, tapi masih jauh melenceng.

Joel Matip terpeleset sehingga Christian Eriksen bisa menguasai bola untuk diteruskan kepada Lucas Moura. Namun Tren Alexander-Arnold bisa memotong sebelum Moura melepaskan tembakan.

Permainan Liverpool mulai lebih berkembang. Akhirnya di menit ke-16, Liverpool berhasil membuka skor pertandingan untuk memimpin 1-0 atas Tottenham.

Gol itu tercipta dari umpan silang Andrew Robertson yang menemui Roberto Firmino di dalam kotak. Striker Brasil itu menanduk bola ke tanah sehingga memantul sebelum masuk ke gawang lawan.

Setelah unggul, Liverpool semakin agresif. Di menit ke-19, sepakan kaki kanan Alexander-Arnold meluncur ke arah tiang jauh gawang Tottenham meski akhirnya melebar.

Tottenham akhirnya mampu menciptakan peluang berbahaya. Di menit ke-33, sundulan Moura diterima Dele Alli kemudian bekerja sama dengan Eriksen di luar kotak penalti. Serangan itu diakhiri Alli dengan tembakan melengkung yang melambung tipis dari mistar gawang Alisson.

Empat menit berselang, Liverpool hampir menambah keunggulannya. Sadio Mane melepaskan tembakan kaki kanan melengkung tapi bola hanya jatuh di samping gawang Tottenham.

Di menit-menit akhir babak pertama, Tottenham lebih mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi, Tottenham kesulitan di sepertiga akhir lapangan lawan.

Tottenham meningkatkan intensitasnya usai turun minum. Di menit ke-57, Tottenham hampir menciptakan gol balasan. Tembakan keras Kane diblok Alisson, bola muntah bergulir dijalur Eriksen yang diteruskan dengan sepakan dari dalam kotak. Namun Robertson melakukan blok krusial sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Usaha Tottenham akhirnya membuahkan hasil. Di menit ke-70, Tottenham sukses menciptakan gol penyama untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Tendangan panjang Kane kepada Kieran Tripper di sayap kanan diteruskan kepada Eriksen. Sodoran pendek gelandang Denmark itu diselesaikan Moura dengan sontekan dari dalam kotak penalti.

Liverpool melakukan serangan berbahaya enam menit berselang. Alexander-Arnold menusuk ke tepi kotak penalti sebelum melepaskan tembakan kaki kiri ke arah tiang jauh, yang mengenai jari Lloris sehingga melambung.

Moussa Sissoko membuang kesempatan emas untuk menciptakan gol tambahan bagi Tottenham, yang berpotensi menjadi gol kemenangan.

Di menit ke-85, kombinasi Kane dan Son Heung-min membebaskan Sissoko. Di depan Sissoko dan Son hanya berhadapan dengan Virgil van Dijk. Namun, Sissoko memilih menembak ketimbang mengoper kepada Son dalam posisi one on one.

Tottenham kembali mengancam Liverpool dua menit kemudian. Sundulan Son diterima Eriksen untuk diteruskan kepada Alli. Pemain yang disebut terakhir melepaskan sepakan melengkung yang melebar tipis dari gawang tuan rumah.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu Liverpool akhirnya terlahir. Di menit ke-90, Liverpool kembali unggul setelah diuntungkan dengan gol bunuh diri.

Di sisi kanan, sundulan Salah ditepis Lloris. Namun, bola lepas dan bergulir menyentuh Toby Alderweireld sebelum masuk ke gawang sendiri sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Susunan Pemain

LIVERPOOL: Alisson, Matip, Van Dijk, Robertson, Alexander-Arnold, Milner (Fabinho 77′), Wijnaldum, Henderson (Origi 77′), Firmino, Salah (Lovren 90+5′), Mane

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Rose, Alderweireld, Trippier, Sanchez (Son 69′), Sissoko, Eriksen (Llorente 90+1′), Moura (Davies 82′), Alli, Kane (mb/detik)

Pos terkait