Metrobatam, Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memastikan capres nomor urut 02 itu bisa kembali mengikuti kegiatan kampanye. Direktur Komunikasi dan Media BPN Hashim Djojohadikusumo sebelumnya menyebut Prabowo sakit.

“Cuma hari ini aja (tidak kampanye), (besok) kampanye lagi terus,” kata Juru Debat BPN Prabowo-Sandiaga, Riza Patria, saat dimintai konfirmasi, Kamis (4/4/2019) malam.

Prabowo memang batal berkampanye di Pangkal Pinang, Pulau Bangka. Muncul isu yang menyebut Prabowo terkena strok ringan setelah menjalani debat capres keempat pada Sabtu (30/3).

Riza menepis isu tersebut. Politikus Gerindra itu menyebut Prabowo tetap berkegiatan setelah debat keempat.

“Habis debat kan masih keliling-keliling, ke mana-mana, keliling terus setiap hari,” terang Riza.

“Iya cuma hari ini (nggak kampanye), nggak ikut, nggak ada strok ringan,” imbuhnya.

Prabowo sebelumnya absen dari kampanye akbar di Pulau Bangka dan peringatan Isra’ Miraj di Aceh yang dijadwalkan pada Kamis (4/4). Menurut Hashim, Prabowo tidak bisa hadir karena sakit.

“Bapak Prabowo berhalangan hadir karena sakit,” kata Hashim kepada para pendukung Prabowo di Pangkal Pinang.

“Saya menyampaikan permohonan beribu maaf, kepada masyarakat yang hadir di sini, dikarenakan kondisi kakak saya (Prabowo) dalam kondisi sakit sepulang dari Padang,” lanjutnya.

Prabowo hampir dipastikan kembali berkegiatan pada Jumat (5/4). Hal itu diketahui dari jadwal yang didapat dari pihak BPN Prabowo-Sandiaga.

Prabowo sedianya diagendakan menghadiri undangan Gerakan Elaborasi Rektor Akademisi Alumni & Aktivis Kampus Indonesia yang digelar di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Konsolidasi di Hambalang

Isu sakit muncul lantaran Prabowo sempat tidak hadir dalam dua agenda kampanye terbuka di Lampung dan Medan. “Pak Prabowo tidak sakit,” kata Juru Bicara BPN Andre Rosiade saat dikonfirmasi, Kamis (4/4).

Meski tidak sakit, kata Andre, Mantan Danjen Kopassus itu tengah beristirahat di kediamannya di Hambalang. Ia juga mengatakan Prabowo sedang menyelesaikan urusan di Hambalang.

“Beliau sedang konsolidasi internal di Hambalang untuk hari H pencoblosan 17 April,” kata Andre.

Sebelumnya, kondisi kesehatan Prabowo sempat diisukan menurun lantaran dirinya batal menggelar kampanye terbuka di Medan dan Lampung.

Prabowo sendiri sudah beberapa kali melaksanakan kampanye terbuka, di antaranya di Padang dan Bogor Jawa Barat. Mantan menantu Presiden ke-2 RI Soeharto itu juga dijadwalkan akan menggelar kampanye di Cirebon pada Sabtu (6/4) mendatang.

Saat berkampanye di Padang, sempat menyindir keberadaan media yang menurutnya tidak memiliki pekerjaan yang cukup jelas. Hal itu disampaikan saat ia menyampaikan orasinya dalam kampanye terbuka di kawasan wisata Danau Cimpago, Purus Kota Padang, Sumatera Barat pada Selasa (2/4) siang.

“Banyak media di Indonesia, di Jakarta tidak jelas kerjaanya. Kerjaanya itu membohongi rakyat Indonesia,” ujar dia kepada ribuan pendukungnya di Padang, Selasa (2/4).

Sebelumnya diberitakan, Prabowo Subianto batal menghadiri kampanye akbar di Lapangan Pasir Putih Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, karena sakit.

“Bapak Prabowo batal hadir, karena mendadak sakit,” kata adik kandung Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo seperti dikutip Antara saat menghadiri kampanye akbar capres nomor urut 2 di Pangkalpinang, Kamis (4/4) siang.

Prabowo sebelumnya juga membatalkan agenda kampanye terbuka di Aceh hari ini. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi beralasan Prabowo tak hadir karena kesalahan teknis.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para ulama, masyarakat, seluruh partai koalisi, relawan, ormas dan lapisan masyarakat yang ingin berpartisipasi mengikuti Isra Mi’raj yang dihadiri Capres Prabowo Subianto, karena adanya kesalahan teknis,” kata Sekretaris BPN Prabowo Sandi Provinsi Aceh, Marzuki AR, seperti dikutip Antara, Rabu (3/4).

Kampanye Akbar di GBK 7 April

Capres cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan menggelar kampanye di Gelora Bung Karno (GBK) pada 7 April mendatang. Kampanye terbuka ini akan diawali dengan Subuh berjemaah.

“Sesuai waktu yang didapat dari KPU bahwa kampanye terbuka kita yang hari libur terakhir adalah hari minggu tanggal 7 (April). Maka Pak Prabowo, Pak Sandi mengambil waktu itu kampanye di GBK. Kampanye kali ini barangkali berbeda dengan yang lalu karena atas permintaan umat kampanye diawali dengan salat Subuh berjemaah dan munajat pada Tuhan yang maka kuasa,” ujar Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, M Taufik, di Ruang Konferensi Pers GBK, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta itu mengatakan kampanye akbar ini akan dihadiri sejumlah tokoh politik dan ulama. Dia menargetkan 1 juta orang bisa hadir di kampanye akbar paslon 02 tersebut.

“Acaranya sederhana, jadi tidak pakai dangdut, hiburannya sederhana saja karena lebih pada orasi politiknya yang dikedepankan dalam rangka edukasi masyarakat. Ada tausiyah, dan insyaallah habaib, tokoh ulama sudah menyatakan akan hadir di sebelah umat jemaahnya. Karena itu saya pertama mohon maaf kepada masyarakat pada waktunya ini saya kira teman-teman wartawan sudah buka dari Sabtu jam 6 sore ini gedung,” jelasnya.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menambahkan, para buruh juga akan hadir pada kampanye akbar Prabowo-Sandi di GBK. Sekitar 50 ribu buruh dari Jabotabek diorganisir untuk hadir di acara tersebut.

“Mereka juga akan masuk ke Jakarta jadi tidak hanya orang Jakarta. Ini adalah kegembiraan, ini adalah bagaimana Prabowo-Sandi presiden insyaallah terpilih 2019,” tuturnya.

Tak hanya buruh, sejumlah pelaut Indonesia yang mendukung kubu 02 disebut juga akan hadir pada 7 April. Ketum Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) menyebut, pelaut dan nelayan Indonesia 70 persen menyatakan dukungan untuk Prabowo-Sandiaga.

“Alhamdulillah saya sudah kondisikan pelaut Indonesia dan nelayan Indonesia untuk memilih Prabowo-Sandi 70 persen ke atas sudah kita pastikan. Dan besok acara kami deklarasi di gor taman muara penjaringan. Untuk kegiatan tanggal 7, masyarakat maritim saya menyatakan mayoritas mendukung 02,” katanya. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...