Bupati Bogor Minta Anies Tak Saling Menyalahkan soal Banjir

Metrobatam, Jakarta – Bupati Bogor Ade Yasin meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak saling menyalahkan atas banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta yang disebut Anies akibat hulu Sungai Ciliwung di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Gak bisa saling menyalahkan, harus duduk bareng untuk mengatasinya,” kata Ade Yasin di Bogor, Jumat.

Read More

Dia mengatakan cuaca di Kabupaten Bogor, terutama wilayah Puncak Cisarua belakangan terus mengalami hujan deras. Hal itu, menurut Ade, menjadi penyebab meluapnya aliran Sungai Ciliwung yang berdampak banjir di Jakarta.

“Curah hujan yang tinggi di Bogor pasti berdampak ke Jakarta karena lokasinya yang lebih rendah dari Bogor,” kata politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Ia mengatakan bukan hanya wilayah DKI Jakarta yang terkena imbas kebanjiran atas meluapnya aliran Sungai Ciliwung. Beberapa titik di Kabupaten Bogor, bahkan mengalami longsor.

“Untuk warga Bogor agar selalu waspada. Biasanya dalam kondisi hujan deras ini tidak hanya air sungai yang meluap, tetapi ancaman longsor juga harus diwaspadai,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut penyebab 17 titik di Jakarta mengalami banjir karena Ibu Kota mendapat kiriman air dari kawasan hulu yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Sementara banjir yang menerjang RW 07, Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur telah surut dan menyisakan lumpur. Namun sejumlah warga masih menempati pengungsian di Musala Al-Ishlah, Universitas Binawan.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (27/4/2019), pukul 08.00 WIB, pengungsi yang didominasi para orang tua dan anak-anak ini nampak sedang beristirahat. Ada pula para ibu yang menemani anaknya bermain.

Seorang warga bernama Vani mengatakan bertahan di pengungsian karena rumahnya masih terendam lumpur. Selain itu, dia juga takut ada banjir kiriman lagi.

“Bertahan karena masih ada lumpur banjir. Kemarin kan sudah kering tuh. Takut ada (banjir) kiriman lagi,” ujar Vani.

Vani mengatakan akan kembali ke rumah pada sore hari nanti setelah rumahnya sudah bersih dari lumpur.

“Nunggu diberesin dulu lumpur-lumpur, barang-barang, masih ada di rumah,” ucapnya.(mb/cnn indonesia)

Loading...

Related posts