Cawang-Probolinggo Tersambung Sepanjang 840 Km via Tol

Metrobatan, Jakarta – Kabar gembira buat masyarakat Pulau Jawa, pasalnya jalan tol sepanjang 840 kilometer (km) dari Cawang-Probolinggo sudah tembus dan bisa dilalui.

Kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ruas tol Pasuruan Probolinggo (Paspro) yang memiliki panjang 31,3 km.

Read More

Jalan tol garapan PT Waskita Karya (Persero) ini masuk daftar proyek strategis nasional (PSN) dan masuk dalam jaringan jalan tol Trans Jawa.

Dengan beroperasinya ruas tol Paspro, maka total panjang jalan tol yang tersambung dari Merak hingga Probolinggo sudah tembus 962 km, atau masih menyisakan 186 km untuk tembus sampai Banyuwangi.

Berikut ulasannya:

Kabar baik buat warga Pasuruan dan Probolinggo, Jawa Timur. Pasalnya, tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer (km) sudah resmi beroperasi mulai hari ini.

Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur, Rau (10/4/2019).

“Dengan mengucap bismillah, ruas 1,2,3 jalan tol Pasuruan-Probolinggo, probolinggo pasuruan pada pagi hari ini resmi di buka,” kata Jokowi.

Tol Paspro yang diresmikan orang nomor satu di Indonesia ini terdiri dari tiga seksi, yang mana Seksi 1 berada di Simpang Susun Tongas, seksi 2 berada di Probolinggo Barat, Desa Muneng, dan Seksi 3 di Kecamatan Leces.

Proyek ini diperoleh Waskita pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,9 triliun. Sebelumnya jalan tol Paspro telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018.

Jokowi bilang, total ruas dari Merak-Banyuwangi tercatat sepanjang 1.148 km. Dengan begitu, masih ada 186 km jalan tol yang akan diselesaikan oleh pemerintah.

“Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa, dari Merak-Probolinggo juga sudah tembus sepanjang 962 km,” kata Jokowi usai meresmikan tol Pasuruan-Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).

Menurut Jokowi, dengan beroperasinya ruas Tol Pasuruan-Probolinggo membuat jaringan tol di Pulau Jawa tersambung panjang. Setidaknya, dari Merak hingga Probolinggo sudah tersambung.

“Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang-Probolinggo sekarang ini sudah tembus sepanjang 840 km,” ujar Jokowi.

Siap Dilintasi Lebaran

Jalan tol Pasuruan-Probolinggo yang terbentang 31,3 kilometer (km) kini sudah resmi beroperasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengoperasian awalnya bisa digratiskan.

Jalan tol yang biasa disingkat Paspro ini, kata Jokowi, juga sudah siap dilintasi saat musim mudik Lebaran tahun 2019.

“Setelah hari ini langsung siap. Mungkin digratiskan dulu 1-2 minggu,” kata Jokowi di Gerbang Tol Paspro Timur, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).

Dengan beroperasinya jalan tol Paspro ini, kata Jokowi, akan memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian masyarakat. Pasalnya, masyarakat yang memiliki usaha bisa berjualan di setiap rest area atau tempat pemberhentian sementara. Bahkan, Jokowi memprioritaskan usaha lokal.

“Jangan sampai ada brand asing di rest area, kemudian UKM-nya minimal 70%. Itu udah bolak-balik saya sampaikan,” tegas Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia ini juga berharap, beroperasinya tol Paspro mampu memberikan kontribusi besar bagi penurunan biaya logistik, serta mobilitas orang dan barang.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno pagi ini mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo. Jalan tol yang dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku pengembang dan kontraktor ini memiliki panjang sekitar 31,3 kilometer.

Jalan tol yang biasa disingkat Paspro ini diresmikan Presiden Jokowi di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur.

Rini kemudian, pengoperasian tol ini akan mempercepat waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo, dari semula 2,5 jam menjadi 30 menit.

“Ini merupakan suatu proyek strategis nasional yang Alhamdulillah bisa selesai tepat waktu dan saat ini sudah diresmikan Bapak Presiden,” ujar Rini di, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).

Rini juga berharap, pengoperasian jalan tol Pasuruan Probolinggo juga akan turut mendorong roda perekonomian daerah dan nasional.

“Saya kira dengan adanya jalan tol ini masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo cuma 30 menit dari 2,5 jam,” kata Rini. (mb/detik)

Loading...

Related posts