DPMD Lingga Gelar Pelatihan, Desa Segera Miliki Sistem Informasi Ideal

Metrobtam.com, Lingga – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (11/4/2019) membuka pelatihan di Room Meeting Anugrah 1 Tande, Daik Lingga.

Dalam sambutan Kadis PMD Lingga, Dody Suhendra mengungkapkan bahwa fungsi dan manfaat aplikasi profil desa/keluarahan sebagai pusat informasi dan pendataan.

Aplikasi ini, ujar Dody bisa menemukan dan mengetahui potensi dari karakteristik yang dimiliki oleh desa.

Selain itu, juga dapat mengikuti dan mengetahui prospek pengembangan mulai dari status tingkat perkembangan, hingga kemajuan yang sedang gencar dilakukan oleh desa.

Bacaan Lainnya

“Aplikasi ini juga bisa menjadi bahan dasar utama dalam pembangunan pemerintahan yang menekankan pada partisipasi masyarakat desa,” katanya.

Fungsi lain dari aplikasi ini, lanjut Dody, dapat mengetahui program pemerintahan yang telah terlaksana di desa sebagai landasan presentasi kesuksesan program pemerintahan.

Dan juga bisa menjadi pendeteksi utama, peka terhadap permasalahan yang terjadi ditengah lingkungan masyarakat tersebut.

Selain itu dapat juga menata dan merespon kembali tata administrasi desa yang disesuaikan dengan keputusan peraturan dari pemerintah. (Simarmata)

Pos terkait