London – Tottenham Hotspur menandai laga perdananya di stadion baru dengan kemenangan. Menjamu Crystal Palace, Tottenham menang 2-0 dan naik ke peringkat ketiga.

Tottenham untuk pertama kalinya memainkan pertandingan di stadion barunya. Palace jadi tamu pertama di Tottenham Hotspur Stadium, Kamis (4/4/2019) dini hari WIB, pada pertandingan pekan ke-31 Liga Inggris.

Meski tampil dominan, Tottenham sempat kesulitan membongkar pertahanan rapat Palace. Mereka baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-55 lewat gol Son Heung-min.

Terus menekan, Tottenham baru menambah gol pada menit ke-80. Gol kedua The Lilywhites diciptakan oleh Christian Eriksen.

Dengan kemenangan ini, Tottenham memutus tren negatif yang sempat berlangsung dalam lima laga terakhir. Dapat angka penuh, Tottenham naik ke peringkat ketiga dan menggeser Arsenal dengan 64 poin dari 32 pertandingan. Sementara Palace tertahan di peringkat ke-13 dengan 36 poin.

Jalannya Pertandingan

Tampil menekan sejak menit-menit awal, Tottenham mendapat peluang pada menit ke-17. Umpan tarik Kieran Trippier dari sisi kanan kotak penalti disambar oleh Christian Eriksen. Meski sepakan Eriksen tak terlalu kencang, bola mengarah ke gawang dan memaksa Vicente Guaita melakukan penyelamatan dengan satu tangan.

Tottenham terus memegang kendali permainan. Meski demikian, mereka kesulitan menciptakan peluang bersih.

Baru pada menit ke-37 Tottenham kembali mengancam gawang Palace. Son Heung-min yang menerima bola dari Eriksen kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan. Bola sepakan Son diblok Guaita dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Tottenham.

Peluang untuk Tottenham lewat serangan balik yang diawali oleh Son. Pemain asal Korea Selatan itu mengirim bola kepada Danny Rose yang berlari bebas di sisi kiri. Namun serangan patah saat upaya Rose untuk mengirim umpan ke Kane dipotong oleh pemain Palace.

Tendangan sudut yang didapat Tottenham di menit-menit akhir babak pertama juga tak membuahkan hasil. Bola sundulan Kane yang meneruskan umpan dari sepak pojok masih melebar dari gawang.

Palace yang lebih banyak ditekan dapat peluang langka pada awal babak kedua. Michy Batshuayi mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dengan kaki kanannya. Bola yang mengarah ke tiang jauh masih sedikit melebar dari gawang Tottenham.

Tottenham akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-55. Son mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pertama di Tottenham Hotspur Stadium.

Berawal dari Eriksen yang merebut bola dari Luka Milivojevic, pemain asal Denmark itu kemudian mengoper kepada Son yang ada di sisi kanan kotak penalti. Son melakukan tusukan dan mengakhiri pergerakannya itu dengan tembakan menggunakan kaki kiri. Bola sempat membentur pemain Palace dan berbelok sehingga membuat Guaita mati langkah.

Tottenham mendapat peluang emas untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-66. Martin Kelly kehilangan bola dan Alli dengan cepat mengoper kepada Kane. Namun, meski leluasa di kotak penalti, Kane gagal mengarahkan bola ke gawang.

Tottenham menambah gol pada menit ke-80. Kali ini giliran Eriksen yang menjebol gawang Palace.

Gol ini berawal dari Andros Townsend yang kehilangan bola dan Tottenham langsung menyerang lewat penetrasi Kane ke kotak penalti. Kane terjatuh saat berduel dengan pemain Palace dan bola yang lepas langsung disambar oleh Eriksen yang ada di depan gawang.

Setelah kebobolan gol kedua, Palace justru lebih banyak memberi ancaman. Yang pertama datang dari upaya Patrick van Aanholt dari luar kotak penalti. Umpannya justru mengarah ke pojok kiri atas gawang Tottenham dan memaksa Lloris melakukan penyelamatan.

Dari tendangan sudut, Benteke menanduk bola. Sial bagi Palace, sundulan Benteke itu masih menyamping tipis dari gawang.

Sampai pertandingan usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Tottenham kembali ke jalur kemenangan di laga perdananya di stadion baru.

Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur: Lloris, Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Davies, Sissoko, Alli (Lucas Moura 82′), Son (Wanyama 92′), Eriksen, Rose (Winks 69′), Kane

Crystal Palace: Guaita, Wan Bissaka, Tomkins, Kelly, Van Aanholt, Kouyate (Townsend 79′), Milivojevic, McArthur, Zaha, Batshuayi (Benteke 81′), Schlupp. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE