Kotak Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri Berbeda, Ini Penjelasan KPU

Metrobatam, Jakarta – Beredar foto kotak suara Pemilu 2019 di luar negeri yang digunakan berbeda dengan kotak suara di Indonesia. Salah satu negara yang menggunakan kotak suara berbeda tersebut yaitu Jepang.

Dalam foto yang viral di media sosial tersebut, kotak suara di Jepang disebut menggunakan bahan akrilik. Kotak suara ini tampak transparan di semua sisinya. Sementara itu di Helsinki, kotak suaranya juga transparan di semua sisi. Kotak suara yang mirip juga terlihat digunakan di Seoul.

Read More

Menanggapi hal tersebut, KPU mengatakan kotak suara berbeda tersebut tidak menjadi permasalahan. Persyaratan utamanya adalah kotak suara memenuhi unsur transparan.

“Di luar negeri itu enggak apa-apa selama memenuhi unsur ada transparan,” ujar komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Kotak Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri Berbeda, Ini Penjelasan KPUFoto: Proses pencoblosan di KBRI Seoul (dok. Istimewa).

Dia mengatakan, kotak suara di luar negeri tidak dapat disamakan dengan kotak suara di Indonesia. Hal ini dikarenakan bahan kotak suara di Indonesia tidak selalu ditemukan di luar negeri.

“Itu kan enggak mungkin disamain kayak kita (kotak surat suara di Indonesia), Nanti bahannya enggak ada di setiap negara, jadi yang penting adalah transparan,” ujar Ilham

“Di tempat-tempat lain (negara lain) transparan semua malah, di negara-negara lain itu,” sambungnya.

Kotak Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri Berbeda, Ini Penjelasan KPUFoto: Pemungutan suara Pemilu 2019 di KJRI Toronto Kanada. (Fungsi Pensosbud KJRI Toronto)

Ilham mengatakan kotak suara di Jepang tersebut disediakan oleh Panitia Pemilu Luar negeri. “Dari PPLN, daerah yang mengadakan,” tuturnya. (mb/detik)

Loading...

Related posts