KPU: Jangan Selesaikan Persoalan Coblosan di Jalanan

Metrobatam, Jakarta – Seruan ‘people power’ Amien Rais mengundang pelbagai reaksi. Namun KPU tetap meminta agar semua persoalan pemilu nantinya diselesaikan pada jalur-jalur yang telah disediakan undang-undang.

“Saya ingin mengingatkan, jangan lagi selesaikan persoalan-persoalan pemilu di jalanan,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Selasa (2/4/2019).

Read More

“Karena undang-undang sudah memberi ruang-ruang untuk menyelesaikan persoalan itu,” imbuh Arief.

Amien memang beberapa hari yang lalu tengah giat menyoroti Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menurutnya masih bermasalah. Ketua Dewan Kehormatan PAN itu bahkan mengancam menggerakkan massa bilamana kelak terjadi kecurangan dalam pemilu.

Namun Arief mengingatkan agar semua persoalan bisa diarahkan pada saluran-saluran yang telah ditentukan aturan. Arief menyebut ada Bawaslu hingga Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan menyelesaikan berbagai dugaan pelanggaran dalam pemilu.

“Kalau persoalan hasil, selesaikan di MK. Kalau ada dugaan pelanggaran kampanye pendaftaran calon, selesaikan di Bawaslu, bisa sampai PTUN. Ruang-ruang itu sudah disediakan oleh undang-undang. Jadi jangan selesaikan persoalan di jalanan, selesaikan di dalam ruangan, karena ruangnya sudah disediakan,” kata Arief.

Amien sebelumnya mengancam ‘people power’ bila ada kecurangan terkait coblosan. Amien menjamin tidak akan ada kekerasan dalam menggerakkan massa itu.

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kita nggak akan ke MK. Nggak ada gunanya, tapi kita people power, people power sah,” kata Amien pada Minggu (31/3).

“Bukan revolusi, kalau revolusi ada pertumpahan darah. Ini tanpa sedikit pun darah tercecer, people power akan digunakan,” imbuh Amien. (mb/detik)

Loading...

Related posts