Liga Champions: Barcelona Kalahkan MU 1-0 di Old Trafford

Manchester – Barcelona mengalahkan Manchester United 1-0 dalam leg pertama perempatfinal Liga Champions di Old Trafford. Gol didapat berkat bunuh diri Luke Shaw.

Bertanding di Old Trafford, Barcelona unggul atas MU di menit ke-12. Gol bunuh diri Luke Shaw, yang berusaha menghalau sundulan Luis Suarez, membawa Barcelona memimpin 1-0.

Di babak kedua, MU bisa gantian menguasai pertandingan. Namun hingga laga berakhir, Setan Merah tak mampu membalas gol lawan. MU tumbang 0-1 dari Barcelona di akhir laga.

Hasil ini membuat Barcelona punya modal berharga menatap leg kedua. Selanjutnya gantian Barcelona yang menjamu MU di Camp Nou, 17 April 2019.

Bacaan Lainnya

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit kick off berbunyi, Barcelona langsung mengontrol pertandingan. Bola banyak dikuasai Lionel Messi dkk, namun peluang pertama didapat MU.

Di menit keempat, pelanggaran Sergio Busquets ke Scott McTominay berbuah tendangan bebas. Marcus Rasford yang menjadi eksekutor menyepak bolanya, namun arah bola masih melebar ke samping kanan gawang Barcelona.

Barcelona, yang terus berusaha membongkar pertahanan MU, akhirnya mampu merobek gawang David De Gea. Di menit ke-12, Luke Shaw membuat gol bunuh diri.

Berawal dari umpan Lionel Messi di dalam kotak penalti, Luis Suarez kemudian menanduk bolanya. Bola sempat membentur Shaw sebelum masuk ke gawang David De Gea.

Hakim garis sempat mengangkat bendera, menganggap Suarez sudah dalam posisi offside saat menyambut umpan Messi. Wasit Gianluca Rocchi kemudian mengeceknya lewat VAR dan mengesahkannya gol tersebut. Barcelona unggul 1-0 atas MU.

Tertinggal membuat MU gantian menekan. Tercatat tuan rumah sempat mengancam lewat sepakan Rashford, sementara Barcelona juga punya peluang lewat sepakan Philippe Coutinho yang bisa diblok David De Gea. Hingga jeda, keunggulan tiim tamu tetap bertahan.

Di babak kedua, MU gantian menekan sejak awal. Lini belakang Barcelona dibombardir. Peluang emas didapat MU pada menit ke-51. Memanfaatkan bola liar di kotak penalti, Rashford melepaskan sepakan voli, namun bolanya jauh dari sasaran kendati posisinya cukup bebas.

Barcelona cukup kewalahan menghadapi gempuran pemain MU. Beberapa kali pelanggaran dilakukan anak asuh Ernesto Valverde untuk menghentikan pergerakan pemain depan lawan.

Setelah serangkaian percobaan, di menit ke-66, Barcelona bisa mengancam MU. Semedo menyodorkan umpan terobosan ke kotak penalti, yang bisa dikuasai Suarez. Striker Uruguay itu lantas melepaskan sepakan jarak dekat ke gawang MU, namun bolanya cuma mengarah ke tepi gawang.

Pada menit ke-70, MU mendapat tendangan bebas usai Paul Pogba dilanggar Arturo Vidal. Rashford yang menjadi eksekutor, masih gagal mengarahkan bola ke gawang Barcelona.

Tim tamu punya kans di menit ke-82, usai Semedo dilanggar Pogba di luar kotak penalti. Messi, yang menjadi eksekutor, bisa mengarahkan bola ke gawang MU lewat celah bawah pagar betis MU. Namun, bolanya bisa ditangkap De Gea.

Di sisa waktu pertandingan, MU berusaha menekan Barcelona. Namun tidak ada gol tercipta, dan kemenangan 1-0 Barcelona atas MU bertahan hingga akhir.

Susunan Pemain

Manchester United: David De Gea, Ashley Young, Victor Lindeloef, Chris Smalling, Luke Shaw, Diogo Dalot (Jesse Lingard 74′), Scott McTominay, Fred, Paul Pogba, Marcus Rashford (Andreas Pereira 85′), Romelu Lukaku (Anthony Martial 68′)

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen, Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Arthur Melo (Sergi Roberto 66′), Sergio Busquets (Charles Alena 90′), Philippe Coutinho (Arturo Vidal 65′), Luis Suarez, Lionel Messi. (mb/detik)

Pos terkait